Pemilih Pemula di Kabupaten Kendal Sekitar 22.194 Jiwa

Jumlah pemilih pemula di Kab Kendal untuk pemilu 2019

0
837
Jumlah pemilih pemula untuk Pemilu 2019 di Kabupaten sebanyak 22.194 jiwa. Dari jumlah tersebut yang sudah melakukan perekaman data KTP elektronik sebanyak 20.795, sehingga masih ada 1.399 pemilih pemula yang belum melakukan perekaman.

Kabid Pemanfaatan Data dan Inovasi Pelayanan Dispendukcapil Kendal, Akhyan mengatakan, pihaknya sudah terus berupaya untuk memberikan kemudahan bagi para warga Kendal untuk mendapatkan pelayanan perekaman data. Bahkan pihaknya juga menggelar perekaman di tiap sekolah menengah atas hingga ke desa-desa menggunakan mobil perekaman data penduduk.
“Untuk kaum difabel pun kami hingga mendatangi di lokasi mereka agar mudah dalam merekam data,” tuturnya
Sementara itu, seorang warga yang baru saja melakukan perekaman data penduduk, Muhammad Bagus mengatakan dirinya memanfaatkan liburan sekolah untuk melakukan perekaman data penduduk.
“Ini usia saya baru 17 tahun, jadi baru melakukan perekaman sekarang mumpung sekolah libur,” pungkasnya.
Sementara itu anggota KPU Kendal, Divisi Mutarlih, Nurul Akhirin mengatakan, warga yang pada hari pencoblosan Pemilu tanggal 17 April 2019 sudah berusia 17 tahun sudah memiliki hak pilih. Oleh karena itu, bagi warga yang saat ini belum genap berusia 17 tahun, namun pada tanggal 17 April 2019 sudah berusia 17 tahun bisa melakukan perekamat data KTP elektronik. “Kami sudah melakukan sosialisasi dan menyampaikan kepada petugas Panitia Pemungutan Suara (PPS) di desa agar proaktif sosialisasi sekaligus untuk mendata warga tersebut,” katanya.