Pemkab Kendal Buka Dapur Umum untuk Layani Warga Terdampak Banjir

Dinsos Kendal buka dapur umum untuk bantu warga terdampak banjir

0
602

Pemkab Kendal membuka dapur umum untuk membantu warga terdampak banjir di Kabupaten Kendal yang terjadi selama dua hari ini. Banjir melanda di 7 kelurahan, yaitu Kelurahan Kebondalem, Pegulon, Langenharjo, Patukangan, Pekauman, Bandengan dan Balok. Dapur umum mulai dibuka pada Minggu (27/1/2019) petang di salah satu rumah warga di Kelurahan Patukangan Kendal. Namun pada Senin (28/1/2019) pagi dapur umum dipindah di Kantor Dinas Sosial Kendal.

Kasi Penanggulangan Sosial Korban Bencana (PSKB) Dinas Sosial Kendal, Agustina Mahardika mengatakan, dapur umum ditangani oleh petugas Tagana BPBD Kendal, relawan dari PMI Kendal dan lainnya. Ada sekitar 2.000 nasi bungkus yang sudah dibagikan kepada warga terdampak banjir. “Dapur umum dipusatkan di sini (Dinsos) untuk memenuhi permintaan warga yang meminta bantuan nasi,” katanya.
Bupati Kendal Mirna Annisa bersama kepala OPD terkait pada Senin pagi meninjau dapur umum dan beberapa lokasi yang masih terkena banjir.  Untuk mengatasi masalah banjir, Bupati Mirna mengatakan, Pemkab Kendal akan mencarikan solusi dengan cara komunikasi kepada Pemerintah Provinsi Jateng, karena kewenangan sungai-sungai merupakan tanggung jawab pemerintah provinsi. “Kewenangan sungai, seperti pengerukan itu berada di provinsi,” katanya.