Pemkab Kendal Dukung Pengembangan Agro Wisata Kelapa Kopyor

Pemkab Kendal Dukung Pengembangan Agro Wisata Kelapa Kopyor

0
159

Kabupaten Kendal sedang dirintis menjadi daerah penghasil kelapa kopyor di Indonesia. Jenis pohon kelapa yang dikembangkan adalah kopyor super genjah (Kosuge) yang mulai dibudidayakan di wilayah Patebon dan Pegandon. Perkebunan Kosuge dikemas menjadi destinasi agro wisata berbasis produk kopyor super genjah. Perintisnya adalah Koperasi Produsen Agro Gemilang Nusantara yang anggotanya sudah mencapai 20 orang.

Ketua Koperasi Produsen Agro Gemilang Nusantara, Solikhul Sukaemi mengatakan, ada sekitar lahan 5.000 hektar yang sudah disiapkan untuk perkebunan pohon kelapa kopyor di wilayah Patebon dan Pegandon. Bibit tersebut dalam jangka tiga tahun sudah berbuah, sehingga bisa menjadi destinasi agar wisata unggulan. “Pengembangan budidaya kelapa kopyor ini untuk mendukung Indonesia menjadi negara penghasil kelapa kopyor terbesar di dunia, dan Kendal sudah mengawalinya,” katanya saat acara Expo Kosuge di Pendopo Tumenggung Bahurekso, Rabu (23/12/2020).

Sekda Kendal, M. Toha mengatakan, Pemkab Kendal mendukung adanya pengembangan destinasi agro wisata berbasis produk unggulan. Diharapkan bisa direspon oleh masyarakat untuk mengembangkan UMKM, sehingga bisa meningkatkan perekonomian di Kabupaten Kendal. Selain juga bagi desa-desa wisata sebagai produk unggulan. “Dengan adanya budidaya kelapa kopyor, maka bisa memanfaatkan lahan kritis menjadi lebih produktif, sehingga bisa menghasilkan keuntungan yang lebih besar,” ujarnya. 

Dalam pengembangan budidaya kelapa kopyor ini, pihak koperasi mendapat pendampingan dari perusahaan pupuk nasional di Jawa Timur dalam penyediaan pupuk hayati. Para petani akan mendapat bimbingan dalam pemeliharaan, sehingga bisa menghasilkan pohon kelapa kopyor yang berkualitas.