Pemkab Kendal Gandeng 4 Perguruan Tinggi untuk Bantu Majukan Kendal

Pemkab Kendal Gandeng 4 Perguruan Tinggi untuk Bantu Majukan Kendal

0
61

Swarakendal.com : Pemkab Kendal melakukan penandatanganan kesepakatan dengan empat perguruan tinggi di Semarang tentang pelaksanaan Tri Darma Perguruan Tinggi di Kabupaten Kendal. Yakni Unisbank, Unaki, Stiepari dan Unissula Semarang. Penandatanganan MoU ini dilakukan di Aula Puskesmas Brangsong 2 pada Kamis 10 Juni 2021.

 
Bupati Kendal Dico M Ganinduto mengatakan, MoU dengan perguruan tinggi ini tentang kerja sama untuk pengembangan inovasi-inovasi, di antaranya terkait revolusi industri 4.0, pariwisata dan sebagainya. Dengan kerjasama ini diharapkan bisa saling membantu untuk melakukan inovasi.  “Kami mengajak perguruan tinggi untuk memajukan Kabupaten Kendal, seperti inovasi desa wisata, pengembangan kawasan bronkolis dan lainnya,” katanya.

Wakil Rektor Unissula Semarang, Drs. Bedjo Santoso, MT PhD mengatakan, kerja sama ini tentang pelaksanaan Tri Darma Perguruan dan pengembangan potensi sumber daya daerah dan sumber daya manusia di Kabupaten Kendal. Tujuan kerja sama ini untuk meningkatkan taraf hidup, kesehatan dan pendidikan. Selain itu juga untuk meningkatkan IT literasi, program peningkatan wisata terintegrasi dan desa smart. 
“Kerja sama bidang kesehatan di antaranya pelayanan home care, penanganan Covid-19 dan stunting. Di bidang ekonomi di antaranya pengembangan UMKM dan pengembangan wisata. Di bidang pendidikan di antaranya membantu pembelajaran dan KKN,” jelasnya. 
Pada tempat yang sama, Pemkab Kendal juga melakukan penandatanganan kesepakatan dengan PT Administrasi Medica tentang pengembangan digitalisasi layanan kesehatan di Kabupaten Kendal. Dengan PT Indosat TBK tentang kerjasama peningkatan pelayanan publik pada Pemkab Kendal dengan fokus kerjasama pada penyediaan pelayanan internet dan penyediaan solusi teknologi informasi dan komunikasi.

 
Perwakilan PT Administrasi Medica, Jati mengatakan, kerja sama yang dilakukan yaitu mengintegrasikan layanan kesehatan di Kendal. Di Kendal ada 50 pustu, 30 puskesmas dan 3 rumah sakit, yang semuanya akan diintegrasikan. PT Administrasi Medica bergerak di bidang kesehatan dan memiliki jaringan digitalisasi. “Tahap pertama sebagai pilot projek, untuk dua atau tiga puskesmas, dan jika evaluasinya sudah bagus, maka akan dikembangkan,” katanya.

 
PT Administrasi Medica memiliki program dan data base analitik yang sangat dibutuhkan di Kabupaten Kendal. Jadi bisa menganalisa data, sehingga seluruh rumah sakit dan puskesmas, semua datanya terintegrasi, maka bisa memudahkan dalam mengambil keputusan yang akan terkoneksi di coment center di Kabupaten Kendal. Jika semua data terintegrasi menjadi satu, maka akan memberikan kemudahan untuk mengambil keputusan. Yang urgen saat ini terkait penanganan Covid-19 dan stunting, sehingga penanganannya bisa cepat dan tepat sasaran.