Pemkab Kendal Gelar Musrenbang RPJMD Kendal Tahun 2021-2026

Pemkab Kendal Gelar Musrenbang RPJMD Kendal Tahun 2021-2026

0
366

Swarakendal.com : Pemerintah Kabupaten Kendal menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) RPJMD Kabupaten Kendal tahun 2021 – 2026 secara offline dan online. Musrenbang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) offline dilakukan di Pendopo Tumenggung Bahurekso pada Senin 31 Mei 2021 yang diikuti para Staf Ahli Bupati, Asisten Sekda dan kepala OPD serta perwakilan pemerhati perempuan dan anak, serta mahasiswa. Musrendang secara online melalui zoom meeting diikuti para camat di masing-masing kecamatan dan anggota DPRD Kendal.

Bupati Kendal Dico M Ganinduto saat membuka Musrenbang mengatakan, bahwa terjadinya pandemi Covid-19 berdampak pada perlambatan pertumbuhan ekonomi Kabupaten Kendal pada tahun 2020 mengalami kontraksi sebesar minus 1,53%. Angka kemiskinan juga mengalami peningkatan, dari 9,44% pada tahun 2019, meningkat di tahun 2020 menjadi 9,99%. Tingkat pengangguran juga ikut mengalami peningkatan dari 6,31% di tahun 2019 menjadi 7,56% di tahun 2020. 
“Berdasarkan fakta tersebut, maka perlu adanya upaya dan sinergitas dari semua stakeholder untuk mengurai masalah, sehingga kondisi perekonomian dapat berangsur-angsur pulih kembali,” katanya. 

RPJMD merupakan dokumen perencanaan pembangunan lima tahun yang merupakan penjabaran visi dan misi kepala daerah terpilih. Visi pembangunan lima tahun ke depan adalah “Kendal handal, unggul, makmur dan berkeadilan”. Untuk mendukung visi dan misi Kabupaten Kendal, ada beberapa agenda prioritas, yaitu :1. Peningkatan UMKM/ industri, pariwisata dan ekonomi kreatif. 2. Keterpaduan infrastruktur, berdaya saing dan optimalisasi peran teknologi informatika. 3. Peningkatan kualitas sumber daya manusia dan tatanan kelembagaan masyarakat yang beragama dan berbudaya. 4. Peningkatan  ketahanan dan pembangunan yang berkelanjutan. 5. Peningkatan Good Governance.

Sementara itu Ketua DPRD Kendal, Muhammad Makmun mengatakan, untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Kendal, maka harus ada terobosan-terobosan baru. Dikatakan, terkait dengan komitmen untuk menjadikan Kendal sebagai kota industri dan pariwisata, diharapkan dapat menjadi daya ungkit pertumbuhan ekonomi ke depan. Sebagai Kota Industri dan Pariwisata, akan memiliki dampak yang luar biasa. “Dengan berkembangnya pariwisata, maka akan tumbuh usaha-usaha ekonomi bagi warga sekitar dan berkembangnya UMKM, sedangkan dengan tumbuhnya industri, akan membuka lapangan pekerjaan, sehingga mengurangi angka pengangguran,” ujarnya.

Menurutnya, di Kendal belum ada wisata yang menarik banyak pengunjung dari luar daerah. Untuk itulah harus ada inovasi dan terobosan-terobosan baru yang bisa memajukan pariwisata. “Ini butuh pemikiran dan inovasi untuk bisa mewujudkan pariwisata memiliki daya tarik bagi pengunjung,” pungkasnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan tambahkan komentar Anda!
Ketik nama anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.