Pemkab Kendal kembali Gelar Pentas Kesenian di TMII Jakarta

0
1241
Pemkab Kendal kembali menggelar pentas kesenian di Anjungan Jawa Tengah, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta yang dijadwalkan pada Minggu (02/04/2017) mendatang. Seperti pementasan tahun-tahun sebelumnya, pentas di tahun 2017 ini juga diserahkan kepada Dewan Kesenian Kendal (DK2) dengan  menyuguhkan pagelaran ketoprak yang berjudul Fajar di Bumi Kendal. Penanggung jawab pentas diserahkan kepada Ketua DK2, Kiswanto, sedangkan pimpinan produksi dipercayakan kepada Sumaryatmo.
Sonny Wisnu Murti, sang sutradara mengungkapkan, dipilihnya kesenian ketoprak, karena  masyarakat awam bisa menikmati dan memahami makna cerita. “Kesenian tersebut juga sarat dengan nilai dan muatan lokal daerah,”katanya.
Ketoprak berjudul Fajar di Bumi Kendal mengangkat cerita tentang asal-muasalnya Kaliwungu. Ceritanya, ada dua tokoh penting di Kendal-Kaliwungu yang berbeda aliran, yakni Pakuwojo  dengan aliran merah atau abangan dan Sunan Katong yang beraliran putih atau alim ulama. Keduanya bertarung hingga mati sampyuh sebab memiliki ilmu kesaktian yang hampir sama. Kemudian darah keduanya  mengalir melalui sebuah kali sehingga menjadi ‘wungu’, maka disebutlah Kaliwungu,”jelasnya.
Pertarungan tersebut berlanjut sampai generasi berikutnya,  dan berhenti saat Sunan Kalijogo datang dan menyelesaikan pertikaian yang ada diantara kedua tokoh tersebut. Keduanya pun berdamai  dan bersama-sama membangun Kabupaten Kendal, sehingga menjadi sebuah wilayah yang damai dan sejahtera.
“Dalam cerita tersebut bisa diambil makna bahwa tidak hanya pembangunan fisik yang diperlukan,  tetapi juga rohani agar bisa menjadi bangsa yang kuat,”ujarnya.
Pementasan tersebut melibatkan 40 personel yang terdiri atas pengrawit, penari, dan pemain ketoprak. Saat ini masih terus latihan, seperti pada Minggu (19/3/2017) di Pendopo Kabupaten Kendal. Sebelum keberangkatan ke TMII, rencananya akan menggelar gladi kotor dan gladi bersih dulu di Pendopo Kabupaten Kendal pada 31 Maret 2017. “Kami terus mematangkan persiapan agar pertunjukan yang ditampilkan bisa memberikan kesan mendalam bagi penonton,”harapnya