Pemkab Kendal Raih Penghargaan Dua Bintang atas Prestasi Kinerja Status Sangat Tinggi dalam Penyelenggaran Pemerintah Daerah

Pemkab Kendal raih penghargaan Dua Bintang atas Prestasi Kinerja Status Sangat Tinggi dalam Penyelenggaran Pemerintah Daerah.

0
1016
Pemkab Kendal mendapat penghargaan Dua bintang atas Prestasi Kinerja Status Sangat Tinggi dalam Penyelenggaran Pemerintah Daerah. Penghargaan dari Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) ini sangat  membanggakan, sebab selama bertahun-tahun, baru kali ini Kendal memperoleh penghargaan tersebut. 

 
Kepala Bagian Tata Pemerintahan (Kabag Tapem) Setda Kendal, Anwar Haryono mengatakan,  penghargaan ini atas kerja keras seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kendal, sehingga laporan penyelenggaraan daerah bisa selesai cepat dan tepat waktu.  Penghargaan tersebut berangkat dari laporan keterangan penyelengaraan pemerintah daerah (LPPD) tahunan. Dari LPPD tersebut dilaporkan ke Pemperitah Provinsi yang kemudian diterukan ke Pemerintah Pusat yakni Kemendagri pada maret lalu. “Saya sangat berterima kasih karena semua OPD bisa kompak. Harapan kami ke depan bisa meningkat ke penghargaan Bintang Tiga,” katanya kemarin (30/4/2018).
Dijelaskannya, ada tiga indikator utama dalam penilaian. Yakni pertama, tataran pengambilan kebijakan.  Kedua tataran pelaksana kebijakan yang meliputi aspek umum, fungsi penunjang urusan pemerintahan, urusan pemerintahan umum. Ketiga tataran pelaksana kebijakan aspek tingkat capaian kinerja, baik urusan wajib atau urusan pilihan. Meski hanya tiga aspek, tapi di dalam aspeknya sangat banyak, sebab ada alokasi dan realisasi anggaran yang harus sesuai dengan perencanaan pembangunan daerah. Selain itu juga dinilai kesesuaian sarana dan prasrana yang digunakan, apakah kondisinya lengkap, kurang, mencukupi atau lainnya. “Dinilai juga kinerja pemerintah dalam menangani permasalahan dan mencarikan solusi dalam hal pembangunan daerah,”ujarnta. 
 
Sementara Bupati Kendal, dr Mirna Annisa mengaku sangat berterima kasih kepada seluruh OPD yang sudah mau bekerja keras membangun Kendal bersama dirinya selam tiga tahun terakhir ini. “Tanpa mereka saya tidak meraih prestasi ini,” akunya.
 
Mirna mengaku akan lebih meningkatkan kinerjanya. Menurutnya dengan kekompakan dan rasa persaudaraan yang sudah terbangun ini, tidak sulit untuk membangun Kendal lebih baik lagi. “Kuncinya adalah kekompakan, kejujuran, kerja keras dan kreativitas, itu yang selalu saya tekankan kepada semua kepala OPD,” tandasnya.
 
Ia juga meminta kepada seluruh masyarakat untuk ikut mengawasi pembangunan daerah. Jika memang menemui ada kepala OPD yang melakukan penyelewengan jabatan atau indikasi korupsi, segera laporkan. Komitmennya, ia ingin menciptakan pemerintahan yang bersih dan transparan. Makanya, baginya tidak ada tolelir bagi ASN yang melakukan penyalahgunaan wewenang dan jabatan. “Saya kerja ini atas amanah rakyat, sehingga jika ada benalu akan segera dicabut supaya tidak mencemari yang lainnya,” tambahnya,
 
 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan tambahkan komentar Anda!
Ketik nama anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.