Pemkab Kendal Raih Penghargaan Program Kampung Iklim

Pemkab Kendal Raih penghargaan Program Kampung Iklim dari Kementerian LH

0
649
Pemkab Kendal kembali mendapatkan penghargaan dari pemerintah. Kali ini meraih penghargaan Program Kampung Iklim (proklim) dari Kemerintrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK). Ada dua desa yang berhasil menyabet juara, yakni Desa Gondang dan Limbangan Kecamatan Limbangan.

 
Penghargaan diterima langsung oleh Bupati Kendal Mirna Annisa, di Auditorium Manggala Wanabakti, Jakarta Pusat, Rabu (24/10/2010). Kementrian LHK memberikan penghargaan bergengsi ini kepada provinsi dan kabupaten maupun kota yang berhasil membuat program nyata untuk lingkungan hidup dan kehutanan di daerahnya. 
 
Bupati Mirna mengatakan, Pemkab Kendal yang dimotori oleh Dinas Lingkungan Hidup 2018 telah membuat kegiatan dalam bidang tata lingkungan di Desa Gondang dan Limbangan yang mengarah ketahanan perubahan iklim. Yakni dengan membuat saluran mata air, penghijauan, ketersediaan oksigen, pemanfaatan lahan pekarangan untuk taman dan tamanan, pemanfaat limbah dan sampah.
 
Untuk menganani dua desa tersebut, Bupati tidak banyak mengluarkan anggaran. Namun cukup menggandeng perusahaan untuk dapat mengeluarkan dana sosial perusahaan atau Corporate Social Responsibilty (CSR). Yakni dari PT Berkah Karunia Sentosa. “Jadi kami membuat kesepakatan bersama yang tertuang dalam MoU,” katanya, kemarin (25/10/2018).
 
Kedepan ia berharap, program kerja sama dengan perusahaan dalam hal penyaluran dana CSR bisa berkembang ke desa-desa lainnya. Sehingga setiap desa bisa maju dan berkembang. “Kami mengajak mesyarakat Kendal untuk lebih peduli lingkungan dan meningkatkan prestasi dalam bidang lingkungan,”  jelasnya.
 
Pihaknya juga sudah merancang program Lomba Desa Cantik, yang dapat memicu dan mendorong pemerintah desa dan masyarakatnya. “Masyarkatnya bisa sadar untuk menanam pohon, membuat lingkungannya dan udara bersih, sehingga tingkat kesehatan meningkat,” paparnya.
 
Sementara Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kendal, Sri Purwanti mengatakan jika Kendal baru pertama kali mengikuti lomba Proklim yang diselenggarakan oleh Kementrian LHK. “Tapi meski baru pertama, dari hasil penilaian Kendal sudah mampu membuat perubahan nyata dalam bidang kampung tahan iklim,” katanya.
 
Kedepan pihaknya akan menerjunkan tim untuk melakukan seleksi terhadap desa-desa yang akan didaftarkan sebagai peserta lomba proklim. “Tidak sekedar menerima penghargaan saja, tapi harapan kami bisa menang,” tandasnya.