Pemkab Kendal Tambah 20 Hotspot Wifi di Tempat Umum

Diskominfo Kendal launching wifi baru

0
1653
Diskominfo Kendal di tahun 2019 ini menambah 20 titik wifi yang tersebar di lima kecamatan, yaitu wilayah Kecamatan Kendal, Weleri, Kaliwungu, Sukorejo dan Boja. Saat sudah ada lima hotspot wifi, yaitu di Alun-alun Kendal, Taman Garuda, Taman Gajahmada,  Taman Hutan Klorofil, dan yang paling baru di  Studio Radio Swara Kendal.

Sekretaris Diskominfo  Kendal, Heri Wasito mengatakan, penambahan wifi diharapkan dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk berekspresi dan memajukan wirausaha. Melalui internet, khususnya anak-anak muda bisa memperlihatkan kreasinya, seperti karya musik, film atau kreasi lainnya. Demikian pula produk UMKM bisa dipromosikan secara online. “Wifi yang ada bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya,” katanya saat Launching Wifi di Taman Klorofil Kendal pada Jumat ,(22/2/2019).
Launching wifi yang digelar pada acara Ngopi Bareng Bupati Kendal itu ditandai dengan pelepasan rangkaian balon oleh Sekda Kendal, Moh Toha. Dihadiri ratusan pelajar SMA, SMK dan mahasiswa dengan hiburan musik.
Sekda Kendal, Moh Toha mengatakan, penyebaran wifi ini untuk mendukung program smart city dalam penyediaan data pelayanan dan informasi. Untuk mempermudah pelayanan masyarakat seperti di rumah sakit, puskesmas, kecamatan dan instansi pelayanan masyarakat, maka bisa diakses secara online. Juga informasi lain, seperti data kependudukan, data UMKM bisa langsung diakses melalui internet. “Dengan smart city, maka akan mempermudah pelayanan, misalnya mau mendaftar berobat di rumah sakit, bisa secara online, atau mau mencari data kependudukan bisa diakses melalui internet, jadi tidak perlu datang ke kantor Disdukcapil atau Diskominfo,” jelasnya.
Kasi Infrastruktur Teknologi Informasi Diskominfo Kendal, Ahmad Syahrul Falah menjelaskan, semua wifi yang dipasang Pemkab Kendal simbol SSID-nya Kendal Handal Diskominfo. Pemasangan titik wifi akan disesuaikan dengan kondisi, namun diutamakan di tempat-tempat yang ramai. “Penempatan titik wifi diutamakan di tempat yang ramai, seperti alun-alun atau taman terbuka yang banyak didatangi warga,” katanya.