Pemkab Kendal Tingkatkan Kolaborasi dengan IBI Kendal untuk Turunkan Angka Stunting

Pemkab Kendal Tingkatkan Kolaborasi dengan IBI Kendal untuk Turunkan Angka Stunting

0
264

Swarakendal.com : Bidan di Kabupaten Kendal harus meningkatkan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat, terutama agar bisa menurunkan angka kematian bayi dan ibu melahirkan serta menurunkan angka stunting di Kabupaten Kendal. Hal ini disampaikan Ketua Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kabupaten Kendal, Mursianah, SST, saat Rapat Kerja Cabang IBI Kabupaten Kendal di Pendopo Tumenggung Bahurekso, Sabtu (6/8/2022).  

Untuk itu pada Rakercab sekaligus memperingati HUT ke-71 IBI, juga digelar Seminar Ilmiah dengan tema Mewujudkan Generasi Unggul menuju Indonesia Maju. Materi yang disampaikan di antaranya tentang penanganan dan pencegahan stunting, dan pemberian motivasi tugas bidan.

Mursianah mengatakan, peningkatan SDM bidan menjadi program utama. Untuk itu kami memberikan pelatihan untuk mengupdate ilmu kebidanan yang baru, agar bisa memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, terutama dalam menangani ibu melahirkan. “Intinya, dengan memberikan pelayanan yang terbaik, maka angka kematian ibu melahirkan dan angka kematian bayi serta stunting akan turun,” ujarnya.

Bupati Kendal Dico M Ganinduto mengatakan, saat ini Pemkab Kendal sedang fokus dalam penurunan angka stunting. Untuk itu, para bidan yang setiap hari selalu berinteraksi dan berkomunikasi langsung dengan masyarakat, agar lebih aktif memberikan penyuluhan dan edukasi kesehatan kepada masyarakat. Para bidan harus berinovasi dan memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat, supaya bisa menurunkan angka kematian bayi dan ibu melahirkan serta menurunkan angka stunting di Kabupaten Kendal. “Para bidan ini yang langsung berinteraksi dan berkomunikasi dengan masyarakat setiap hari, sehingga harapannya aktif memberikan edukasi kepada masyarakat terkait dengan penanganan dan pencegahan stunting,”katanya.

Bupati berharap agar ke depan, IBI semakin solid dan semakin bersinergi dengan Pemkab Kendal. Kesehatan menjadi perhatian khusus, sehingga IBI Kendal harus berinovasi dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. “Kami juga berharap agar IBI Kabupaten Kendal bisa memberikan masukan yang objektif kepada Pemkab Kendal, sehingga kinerja kesehatan dan indikator kesehatan di Kendal bisa lebih baik lagi,” harapnya.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kendal, Parno berharap, agar IBI Kendal bergerak bersama dengan lintas sektor lainnya untuk bersinergi dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Kabupaten Kendal. Harapannya agar bisa segera menurunkan angka kematian ibu melahirkan dan bayi serta angka stunting di Kabupaten Kendal. “Mari kita bersatu dan bersinergi bagaimana cara meningkatkan, mewujudkan derajat kesehatan masyarakat untuk menjadi Kabupaten Kendal yang sehat dan sejahtera,” tegasnya.