Pendaftaran Murid Baru SMP Negeri di Kabupaten Kendal dengan Sistem Online

0
487

Pendaftaran calon peserta didik baru (CPDB) untuk SMP negeri di Kabupaten Kendal tahun 2020 menggunakan sistem online, sehingga orang tua tidak harus datang ke sekolah. Khusus bagi pendaftar yang melalui jalur prestasi dan jalur afirmasi harus datang ke sekolah untuk verifikasi sertifikat dan berkas lainnya. Pendaftaran dibuka selama 5 hari, mulai Senin 22 Juni sampai Jumat 26 Juni 2020.


Pada kondisi pandemi covid 19, pihak sekolah menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah peyebaran virus corona. Seperti di SMP Negeri 1 Cepiring, semua guru dan pegawai yang bertugas mengenakan pakaian sesuai protokol kesehatan yaitu mengenakan masker dan face shield. Demikian pula bagi calon peserta didik maupun orang tua wali murid yang mengantar pun harus mematuhi protokol kesehatan. Selain harus memakai masker, juga disediakan cuci tangan dengan sabu, pengecekan suhu tubuh dengan termo gun dan harus masuk bilik sterilisasi. 

Kepala SMP Negeri 1 Cepiring,  Zubaidi mengatakan, pendaftaran dilakukan secara online bagi yang mengambil jalur zonasi. Sedangkan pendaftar dari jalur afirmasi dan prestasi harus datang ke sekolah untuk melakukan verifikasi berkas persyaratan, seperti sertifikan atau piagam kejuaran dan lainnya. Pengumuman akan dilakukan pada tanggal 27 Juni 2020 maksimal pukul 12 malam. “Pihak sekolah mempersilakan bagi orang tua yang mengalami kesulitan mendaftar secara onlina bisa datang ke sekolah dan akan dibantu cara pendaftarannya,” katanya.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kendal, Wahyu Yusuf Akhmadi menjelaskan, PPDB tahun ini ada 4 jalur, yaitu jalur zonasi paling sedikit 50 persen, jalur afirmasi 15 persen, jalur pindah tugas orang tua 15 persen dan jalur prestasi paling banyak 30 persen. 


“Berdasarkan pantauan di beberapa sekolah, pendaftaran secara online berjalan lancar, dan bagi orang tua yang mengalami kesulitan mendaftar secara online, silakan datang ke sekolah untuk dibantu mengisi data pendaftarannya,” katanya.