Penderita HIV/AIDS di Kendal Capai 602 Orang

0
699

Jumlah penderita HIV/AIDS di Kab Kendal sejak tahun 2000 hingga Agustus 2016 lalu total mencapai 602 orang, yaitu penderita HIV 355 orang dan penderita AIDS 247 orang. Tercatat yang meninggal 177 orang.

Kepala Dinas Kesehatan Kab Kendal dr Widodo Moh Sutomo melalui Kabid Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit, Ariani Wardiati SE MKes mengatakan, khusus di tahun 2016 ini/ hingga bulan Agustus ditemukan penderita HIV/AIDS total 64 orang, yaitu 23 penderita HIV dan 41 Aids. Tercatat yang meninggal 25 orang. “Mungkin bisa lebih banyak lagi, karena pemeriksaan bersifat sukarela, tidak boleh dipaksa,”katanya.

Ariani mengatakan, berdasarkan sebaran umur, penderita didominasi usia 25-49 tahun. Sedangkan profesinya rata-rata berasal dari PSK, ibu rumah tangga dan wiraswasta. Ternyata kalangan ibu rumah tangga merupakan yang tertinggi mencapai 68,29 persen. “Kebanyakan usia produktif, bahkan ada bayi yang terkena karena ibunya penderita,”ujarnya.

Dikatakan, untuk menanggulangi dan pencegahan HIV/AIDS di Kab Kendal, Pemkab Kendal telah membuat Perda No 15 tahun 2013 tentang Pengendalian HIV/AIDS di Kab Kendal. Perda tersebut sudah ditindaklanjuti dengan Perbup No 68 tahun 2015 tentang petunjuk Pelaksanaan Perda tersebut. “Penyuluhan dan pendampingan pederita selalu dilakukan kerja sama dengan KPA,”jelasnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan tambahkan komentar Anda!
Ketik nama anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.