Pengadilan Negeri Kendal Terapkan Pelayanan Satu Pintu

Pengadilan Negeri Kendal canangkan zona integritas WBK dan WBBM

0
944
Pengadilan Negeri Kendal mencanangkan Zona Integritas dalam mewujudkan Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM). Pencanangan dan pendandatanganan Piagam Zona WBK dan WBBM ini dilakukan pada Jumat 22 Februari 2019 oleh Ketua Pengadilan Negeri Kendal Betsji Siske Manoe dan para saksi dari anggota Forkopimda, tokoh agama dan tokoh masyarakat.
Ketua Pengadilan Negeri Kendal, Betsji Siske Manoe mengatakan, untuk mewujudkan komitmen ini, maka harus melalui reformasi birokrasi yang menitikberatkan pada dua hal, yaitu pencegahan korupsi dan meningkatkan kualitas pelayanan publik. Harapannya dengan pencanangan ini semua aparatur pengadilan negeri Kendal dapat mewujudkan misinya yaitu Pengadilan Negeri Kendal yang Agung. “Jadi, ini tidak hanya di atas kertas, harus menjadi komitmen bersama semua aparatur Pengadilan Negeri Kendal untuk mewujudkan misinya yaitu Pengadilan Negeri Kendal yang agung,” harapnya.
Dikatakan, langkah yang dilakukan di Pengadilan Negeri Kendal adalah semua pelayanan sudah satu pintu yaitu di pelayanan terpadu satu pintu di bagian depan. Di antaranya pelayanan bagian umum, perdata, pidana dan hukum. “Sekarang pelayanan sudah tidak di masing-masing ruang, tapi sudah dijadikan satu di bagian depan,” katanya.
Demikian pula dalam putusan perkaran pidana,  maka berkasnya langsung diminutasi atau satu hari langsung masuk ke sistem informasi penelusuran perkara yang bisa dipantau oleh Mahkamah Agung. Untuk pelayanan permohonan juga sudah one day service, seperti permohonan ganti nama, sedangkan untuk pengangkatan anak perlu pembuktian terlebih dulu satu atau dua kali. Juga pengurusan surat keterangan, pendaftaran CV dan badan hukum sudah one day service. “Untuk minutasi perkara pidana begitu putus pengadilan, maka berkasnya langsung diminutasi atau satu hari langsung masuk ke sistem informasi penelusuran perkara yang bisa dipantau oleh Mahkamah Agung,” jelasnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan tambahkan komentar Anda!
Ketik nama anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.