Pengkab IPSI Kendal Gelar Kejuaraan Pencak Silat Piala Dandim dan IPSI Kendal 2024

Kejuaraan Pencak Silat Piala Dandim dan IPSI Kendal 2024

0
175

Swarakendal.com : Sekitar 1.400 peserta mengikuti Kejuaraan Pencak Silat Piala Dandim dan IPSI Kabupaten Kendal yang digelar di GOR Bahurekso Kendal, tanggal 2-4 Februari 2024. Kejuaraan Pencak Silat ini terbuka untuk peserta dari luar daerah Kendal dan luar Provinsi Jawa Tengah.

Ketua IPSI Kabupaten Kendal, Muhammad Tommy Fadlurahman mengatakan, jumlah peserta jauh melampaui target yang ditentukan. Target peserta yang ditentukan sebanyak 800 peserta, namun yang mendaftar mencapai 1.400 peserta. “Antusiasnya luar biasa, di luar dugaan,” tandasnya.
Gus Tommy, biasa dipanggil, yang juga Ketua Padepokan Pencak Silat Harimau Putih Kendal mengatakan, saat ini olahraga pencak silat di Kabupaten Kendal semakin lebih semarak. Hal ini terlihat dengan banyaknya perguruan pencak silat yang mengembangkan sayapnya di Kabupaten Kendal. “Makin banyak berdiri perguruan pencak silat di Kendal, baik orang Kendal maupun dari luar daerah Kendal,” katanya.
Gus Tommy mengatakan, saat ini yang sudah bergabung dengan IPSI Kabupaten Kendal sebanyak 13 perguruan. Tiap-tiap perguruan beranggotakan rata-rata lebih dari 10 ribu anggota. “Ini membuktikan pencak silat sebagai budaya bangsa sudah mengakar di masyarakat,” ujarnya.
Gus Tommy berharap, seluruh perguruan pencak silat yang di Kabupaten Kendal agar bergabung dengan IPSI Kendal. Tujuannya agar secara organisasi dan administrasi bisa lebih terarah dan terstruktur. “IPSI sebagai wadah organisasi, akan bersikap profesional, sehingga ke depan dengan kebersamaan dan toleransi, pencak silat bisa lebih maju, lebih besar dan lebih baik,” harapnya.
Ketua Panitia, Hadi Susilo mengatakan, Kejuaraan dibagi menjadi empat kategori, yakni usia dini, pra remaja, remaja dan dewasa. Untuk kategori usia dini sebanyak 457 peserta, pra remaja 549 peserta, remaja 298 peserta dan dewasa 99 peserta. “Untuk jumlah kontingen ada 110 kontingen,  termasuk yang dari luar Kendal ada 30 kontingen, di antaranya dari DIY dan Magetan Jawa Timur,” jelasnya.
Kejuaraan dibuka oleh Kasdim Kodim 0715 Kendal, Mayor Infanteri Cosmos Joko Susanto, yang mewakili Dandim 0715 Kendal, selaku Pembina IPSI Kendal. Ia berharap, dengan digelarnya Kejuaraan, akan mendapatkan bibit-bibit atlet pencak silat berprestasi, yang mengharumkan nama Kabupaten Kendal. “Kejuaraan seperti ini harus digelar rutin tiap tahun dan lebih besar lagi,” ujarnya. (FA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan tambahkan komentar Anda!
Ketik nama anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.