Peringatan Hari Sumpah Pemuda Diramaikan Kesenian Jaran Kepang dan Marching Band

Peringatan Hari Sumpah Pemuda di Curugsewu

0
203
  1. Swarakendal.com : Kesenian tradisional Jaran Kepang dan marching band meramaikan upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94 yang digelar di tempat wisata Curugsewu Patean, Jumat (28/10/2022). Upacara diikuti sebagian besar dari kalangan pelajar tingkat SMP dan SMA, mahasiswa dan organisasi kepemudaan. Peserta lainnya dari ASN, TNI dan Polri. Dandim 0715 Kendal Letkol Infanteri Misael Marthen Jenry Polii bertindak sebagai inspektur upacara.

Tarian Jaran Kepang dimainkan oleh kelompok perempuan dari group kesenian Desa Sidodadi Kecamatan Patean. Sedang atraksi marching band dimainkan oleh group marching band pelajar SMA Negeri 1 Limbangan.

Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kendal, Achmad Ircham Chalid mengatakan, upacara Hari Sumpah Pemuda digelar di tempat wisata, karena tujuannya untuk mengembangkan pariwisata di Kabupaten Kendal yang merupakan salah satu visi misi Pemerintah Kabupaten Kendal saat ini. Pada peringatan Hari Sumpah Pemuda tahun 2021 lalu digelar di tempat wisata Pantai Indah Kemangi, sedangkan kali ini digelar di tempat wisata Curugsewu, yang merupakan ikon wisata di Kabupaten Kendal. “Kami memang sengaja mengadakan kegiatan ini di tempat wisata, karena program Bupati kan meningkatkan pariwisata,” katanya.

Demikian pula kegiatan Jambore Pemuda yang merupakan rangkaian peringatan Hari Sumpah Pemuda juga digelar tempat wisata Curugsewu. Kegiatan Jambore Pemuda diikuti 80 peserta, di antaranya dari mahasiswa, Osis, organisasi kepemudaan, termasuk anggota Paskibraka. Materi pembekalan tentang wawasan kebangsaan, bahaya narkoba, materi pesan-pesan dari jajaran Forkopimda. “Ini kegiatan untuk bersilaturahmi dan sharing sesama pemuda, juga ada pembekalan,” katanya.

Damar Arya Putra Nugraha, anggota Paskibraka dari SMA Negeri 1 Boja berharap, sebagai pemuda agar ke depannya bisa memberikan kontribusi bagi bangsa dan negara dengan suatu prestasi. Pemuda harus ikut berpartisipasi dalam membangun negeri. “Kami sebagai pemuda berharap, agar ke depannya kami bisa memberikan langsung sebuah kontribusi bagi bangsa dan negeri ini dengan sebuah prestasi,” harapnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan tambahkan komentar Anda!
Ketik nama anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.