Peringati Hari Lansia, Ratusan Lansia Diajak Senam Jantung Sehat

Peringatan Hari Lansia Kab Kendal 2019

0
587
Sekitar 100 lansia mengikuti kegiatan memperingati Hari Lansia yang digelar di Pendopo Kabupaten Kendal, Kamis (4/7/2019). Acara diawali dengan senam jantung sehat, kemudian dilanjutkan dengan seminar kesehatan dan ceramah agama. Selain itu ada periksa kesehatan gratis dan pembagian doorprize.

Kabid Ekpemsosbud Baperlitbang Kendal, Adji Hendra selaku ketua panitia mengatakan, sebenarnya Hari Lansia diperingati tiap tanggal 29 Mei. Tujuan memperingati Hari Lansia adalah untuk membagi kebahagian bersama para lansia. Pasalnya, lansia adalah bagian dari masyarakat yang bisa berkontribusi terhadap pembangunan di Kendal. “Kegiatan ini merupakan bentuk perhatian Pemkab Kendal terehadap lansia dengan berbagi kebahagiaan di masa lansia,” katanya.
Kepala Baperlitbang Pemkab Kendal, Agus Soemaryono mengatakan, bahwa lanjut usia memiliki kontribusi yang sangat besar dalam pencapaian kesejahteraan dan pembangunan bangsa. Lanjut usia dengan kapasitasnya sebagai penduduk senior memiliki kebijakan, kearifan dan pengalaman berharga yang dapat dijadikan teladan bagi generasi penerus dalam menentukan arah pembangunan di masa datang. “Oleh karena itu bangsa Indonesia selalu menekankan dan mengutamakan pada ikatan kekeluargaan berlandaskan pada nilai-nilai luhur keagamaan dan budaya yang menghargai peran serta kedudukan lanjut usia dalam keluarga maupun masyarakat,” jelasnya.
Sementara itu dr. Nurrochim mengatakan, bahwa dengan bertambahnya usia, maka semua sel akan menurun. Untuk itu harus disikapi dengan baik. Yang paling penting adalah status gizi harus terpenuhi, sehingga bisa menjalan aktivitas fisiknya lebih baik. Di masa lansia tetap menjaga aktivitas fisik dengan olahraga ringan. “Yang juga penting adalah menjaga hati dan pikiran supaya tetap tenang dan lebih mendekatkan diri kepada Tuha,” ujarnya.