Peringati Hari Pahlawan, Komunitas Seni Kendal Pentas Drama Musikal Perjuangan Bung Tomo

Peringatan Hari Pahlawan di Alun-alun Kendal

0
276
Swarakendal.com : Pementasan Drama Musikal menjadi sajian utama peringatan Hari Pahlawan 10 November di Alun-alun Kendal. Pentas dimainkan oleh gabungan dari Komunitas Teater, yakni Teater Atmosfir, Teater Semut, Teater Taksu, bersama Komunitas Sastra, yakni Pelataran Sastra Kaliwungu, dan Komunitas Tari.
Pentas dengan pemain anak-anak muda ini disaksikan oleh Wakil Bupati Kendal Windu Suko Basuki bersama jajaran Forkopimda dan para pejabat Pemkab Kendal. Juga para peserta upacara dari kalangan pelajar, mahasiswa, anggota TNI Polri, ormas dan sejumlah veteran.
Ian Sofyan Hadi dari Teater Atmosfir, selaku sutradara mengatakan, pentas ini mengangkat tentang perjuangan Bung Tomo bersama para pejuang dalam merebut kemerdekaan, karena sesuai dengan peringatan Hari Pahlawan. Pesan yang ingin disampaikan, bahwa generasi muda harus selalu mengingat sejarah dan jangan sampai terputus dengan sejarah yang ada. “Generasi penerus tidak boleh melupakan sejarah, karena sejarah akan terus dicatat untuk mengingat jasa para pahlawan dan pejuang bangsa,” tandasnya.
Terkait dengan pementasan, Ian mengatakan, bahwa sejarah tidak hanya tertulis di buku sejarah, tetapi tulisan itu bisa disajikan menjadi sebuah pertunjukan. Melalui pertunjukan, supaya mengingatnya, tidak hanya sebagai tulisan, tetapi juga sebagai pertunjukan, sehingga akan lebih tersentuh bagi generasi muda atau yang menonton. “Melalui pementasan, maka suatu cerita akan lebih terkesan dan mudah diingat,” katanya.
Wakil Bupati Kendal Windu Suko Basuki mengatakan, melalui Peringatan Hari Pahlawan, agar generasi muda bisa mengambil hikmah tauladan para pejuang. Generasi muda harus bisa berbuat yang lebih baik dalam menjaga keutuhan bangsa dan negara. “Persatuan dan kesatuan Negara Republik Indonesia ada di tangan pemuda, sehingga generasi muda harus menata diri untuk menyiapkan segalanya, karena mau tidak mau, mareka yang akan memegang tongkat kepemimpinan mendatang,” katanya.
Pada upacara peringatan Hari Pahlawan ini, para peserta upacara mengenakan kostum seperti tokoh pahlawan dan pejuang kemerdekaan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan tambahkan komentar Anda!
Ketik nama anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.