Peserta Sekolah Bisnis Kendal Belajar Kepemimpinan dengan Dandim

0
701
Pemimpin yang hebat itu justru berawal dari mereka yang mampu mengenali kekurangannya, untuk kemudian mengatasi dan menutupinya dengan kelebihannya. Hal ini disampaikan Dandim 0715/Kendal, Letkol Inf Piter Dwi Ardianto Mulyadi, saat menyampaikan materinya di hadapan peserta Sekolah Bisnis Kendal (SBK), Selasa (25/10).

“Setelah mengenali kelemahannya, pemimpin harus menunjukkan dan memaksimalkan potensi dirinya. Jika dua hal ini bisa dipenuhi, akan mampu mendongkrak semangat dirinya. Sehingga menambah kepercayaan dirinya di hadapan orang yang dipimpinnya,” ucap Dandim kelahiran Morotai, 40 tahun lalu tersebut.
Selanjutnya, Piter mengimbau agar pemimpin bisa mempelajari karakter orang-orang yang dipimpinnya. Sehingga nantinya bisa mengetahui ritme memimpinnya, apakah harus dilakukan dengan cara halus atau kasar (tegas). Hal ini disebabkan, karakter masing-masing orang berbeda-beda, maka penyikapan dan menghadapinya pun harus dilakukan dengan cara berbeda.
“Seorang pemimpin juga harus luwes kepada bawahannya, kadang halus dan saat tertentu bisa kasar (tegas). Bila langkah ini sukses diterapkan, maka ada kemungkinan kepemimpinan kita bisa diterima. Hal ini bisa dilihat dari cara seseorang mau menuruti apa yang diperintahkan pemimpinnya,” paparnya.
Hanya saja, Piter turut membeberkan bahwa ada perbedaan antara karakter kepemimpinan dengan kepangkatan dan jabatan layaknya di militer, dengan orang-orang sipil pada umumnya. Dirinya menceritakan bahwa untuk dapat melalui dan menjadi seperti sekarang ini, dirinya telah melewati masa-masa dimana harus tunduk dan taat perintah pada atasan.
“Dulu saat menjadi seorang taruna, saya harus mengikuti perintah dari kakak-kakak taruna dan instruktur. Bahkan saat salah maupun benar pun, harus selalu mengatakan siap kepada atasan tanpa boleh membantah lebih lanjut. Hingga akhirnya saya bisa menjadi Dandim seperti sekarang ini dan memiliki anak buah yang bisa dipimpin. Karakter kepemimpinan di militer tentunya akan berbeda dengan lingkungan sipil,” terangnya.
Dikatakan, inti dari kepemimpinan tereletak pada komunikasi yang intensif dan efektif. “Saya pikir, bagi calon-calon pengusaha tentu hal ini penting. Agar mereka dapat mengontrol bawahannya sehingga mampu mencapai target yang diinginkannya,” pungkasnya.
Kegiatan yang digelar di Makodim Kendal tersebut, mengambil tema Leadership dan Self Confident (Kepemimpinan dan Rasa Percaya Diri). Setidaknya ada 20 peserta berpartisipasi di sesi kedua SBK tersebut. Ketua HIPMI Kendal, Nanang Husni Faruk, mengungkapkan, kegiatan yang diselenggarakan bekerjasama dengan Dinpora tersebut diharapkan bisa terus berlanjut. Sehingga nantinya Kabupaten Kendal bisa melahirkan banyak entrepreneur handal. “Kepemimpinan sangat penting dalam dunia usaha, untuk menjaga dan mengelola manajemen yang baik dengan anak buah. Kepemimpinan yang efektif akan mampu menciptakan kepercayaan diri dan kenyamanan dalam lingkungan kerja. Sehingga diharapkan target-target yang dicanangkan dapat tercapai dengan baik,” tuturnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan tambahkan komentar Anda!
Ketik nama anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.