Petugas Kesehatan Datangi Rumah Warga Terdampak Banjir Rob di Kelurahan Karangsari

Petugas Kesehatan Datangi Rumah Warga Terdampak Banjir Rob di Kelurahan Karangsari

0
58

Swarakendal.com : Petugas Kesehatan Puskesmas Kendal 2 membuka Posko Kesehatan untuk warga terdampak banjir rob di Kelurahan Karangsari Kendal, Jumat (27/5/2022). Petugas juga melakukan jemput bola ke sejumlah rumah untuk memberikan pengobatan kepada warga.  Petugas mendatangi rumah warga yang tidak bisa datang ke Posko Pengobatan, karena akses jalan masih tergenang air. Selain itu juga warga lansia dan warga yang tidak bisa berjalan.

Petugas Kesehatan mendatangi rumah Sujinah, karena menggunakan kursi roda, sehingga tidak bisa melewati akses jalan yang masih tergenang air rob. Sujinah yang mengalami sakit kulit di kaki, juga merasakan pegal-pegal. Petugas pun memeriksa dan memberikan obat sesuai keluhan yang dialaminya. “Di sini banjir, tidak ada becak, mau bonceng sepeda motor tidak bisa, karena sakit,” ujarnya.

Warga lainnya Taufik Hidayat mengalami batuk berdahak sudah empat hari. Sebenarnya ia sudah minum obat sendiri namun belum juga sembuh. Untuk itu ia datang ke Posko Pengobatan untuk periksa, sekaligus meminta obat. “Saya tahu ada Posko Kesehatan dari tetangga, jadi Saya datang untuk periksa, karena sudah empat hari batuk berdahak belum sembuh,” katanya.

Ratusan warga lainnya datang ke Posko Kesehatan untuk periksa dan meminta obat. Petugas memeriksa tensi darah dan menanyakan keluhan yang dirasakan. Kemudian, petugas memberikan obat sesuai yang dikeluhkan. 

Kepala TU Puskesmas Kendal 2, Nur Khuroeriyah mengatakan, keluhan yang dirasakan warga, sebagian mengalami gatal-gatal, pusing, sakit mata dan pegal-pegal di tubuh, juga ada yang batuk dan pilek. Warga yang berobat diperiksa tensi darahnya dan ditanya keluhan yang dirasakan. Selanjutnya diberi obat secara gratis. “Kebanyakan keluhannya gatal, pusing, sakit mata dan pegal-pegal, tapi yang batuk pilek jumlahnya sedikit,” jelasnya.

Obat-obatan yang disediakan di antaranya, antibiotik, obat batuk, obat gatal seperti salep, obat pilek, obat tetes mata dan obat untuk menghilangkan pegal-pegal di badan.

Posko Pengobatan dibuka secara berkala, sementara warga bisa berobat setiap hari di puskesmas.