Petugas Regsosek BPS Kendal Datangi Tunawisma di Jalan

BPS Kendal Regsosek malam

0
164
Swarakendal.com : Tim gabungan Badan Pusat Statistik (BPS) Kendal bersama anggota Satpol PP dan Dinas Sosial Kendal melakukan kegiatan Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) terhadap orang gelandang di Kota Kendal, Sabtu (29/10/2022) malam. Petugas melakukan penelusuran tempat-tempat yang biasanya digunakan untuk istirahat gelandang. Lokasi yang disasar di antaranya pasar, emperan toko, halte dan tempat lainnya.
Petugas menemukan tiga orang gelandangan yang sedang tidur di emperan toko dan di halte. Petugas pun melakukan pendataan terhadap gelandang tersebut. Sedangkan di tempat lainnya seperti pasar dan stadion tidak ditemukan seorang pun gelandang.
Kepala BPS Kendal, Ummi Hastuti mengatakan, pendataan Regsosek harus menyasar seluruh rumah. Pendataan di jalanan juga dilakukan, sehingga semua keluarga yang berada di wilayah Kabupaten Kendal semuanya terdata. “Malam hari ini, petugas menyebar, ada tiga wilayah, yakni Pantura Kendal, wilayah Sukorejo dan wilayah Boja,” katanya.
Dikatakan, dalam pendataan Regsosek malam hari terhadap orang gelandang dibantu petugas Satpol PP untuk pengamanan. Sedangkan dari Dinas Sosial membantu mendampingi ketika melakukan wawancara pendataan dengan orang gelandang. “Kami berkolaborasi dengan Dinas Sosial dan Satpol PP untuk pendataan Regsosek terhadap orang gelandangan, supaya berjalan lancar dan aman,” jelasnya.
Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial Kendal, Joko Hartoto mengatakan, pihak Dinsos hanya membantu pendataan Regsosek terhadap orang-orang gelandang, termasuk ODGJ. Pendampingan ini supaya pendataan Regsosek terhadap orang gelandang berjalan lancar. “Kami dari Dinas Sosial, hanya mendampingi petugas Regsosek,” katanya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan tambahkan komentar Anda!
Ketik nama anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.