PJ Bupati Tinjau Jalan dan Bendungan

0
878

Penjabat Bupati Kendal Kunto Nugroho HP meninjau kondisi sedimentasi Kali Kendal di Bendungan Trompo, Kelurahan Trompo, Kecamatan Kota Kendal, Senin (12/10).  Selain meninjau Bendungan Trompo, pj Bupati yang didampingi Asisten Ekonomi dan Pembangunan Herudy Soekamto, Asisten Administrasi Bambang Win, Kepala Dinas Bina Marga SDA dan ESDM Agung Setiawan, Kabid Bina Marga Sugeng Prayitno, dan Kabag Administrasi Pembangunan Hasyim Tri Joko, juga meninjau pembangunan jalan di sejumlah titik.

Saat dibendungan Trompo, Kunto mengatakan, pihaknya meminta instansi terkait menyelesaikan program yang telah disusun dalam APBD. Menurutnya, kondisi sedimentasi Kali Kendal sangat parah dan perlu segera ditangani.

“Pak Ganjar pernah meninjau ke sini (Bendungan Trompo). Saya minta dinas terkait memberikan laporan apa yang sudah dilakukan dan apa yang bisa dibantu oleh provinsi untuk mengatasi persoalan yang ada,” kata dia, Senin (12/10)

Kunto mengungkapkan, tak lama lagi akan memasuki musim hujan. Oleh karena itu perlu langkah-langkah mengantisipasi bencana yang mungkin terjadi seperti banjir bandang. Antisipasi bencana sudah merupakan aturan di pemerintah daerah sesuai dengan program yang telah dirancang sebelumnya. Saat ini, sedang proses perbaikan jalan di sejumlah titik dan diharapkan bisa selesai akhir November atau selambatnya awal Desember.

“Proyek yang sedang berjalan untuk menjawab keinginan masyarakat, seperti perbaikan jalan rusak. Meski belum rampung 100 persen, tetapi sebagian sudah bisa dilalui,” terang dia.

Sementara Kepala Dinas Bina Marga SDA dan ESDM Agung Setiawan mengatakan, saat ini pihaknya sedang melakukan perbaikan jalan rusak. Bina Marga menggunakan skala prioritas untuk jalan rusak. Kondisi jalan yang rusak parah dan perlu dibeton dilakukan pembetonan. Hal itu karena beton lebih tahan lama dibandingkan dengan aspal. Beberapa daerah yang dibeton antara lain Kebondalem-Magangan, Magangan-Pegandon, dan Weleri-Sedayu.

Selain itu rombongan juga meninjau keadaan tanggul Kali Bodri yang berada di Desa Purwosari Kecamatan Patebon,melihat kondisi tanggul yang rawan ini mengahrapakan semua pihak untuk selalu menjaga dan mengantisipasi nya.