PKBM Bina Warga Pegandon Terapkan Setara Daring, Peserta Didik bisa Belajar Modul secara Online

PKBM Bina Warga Pegandon terapkan belajar sistem Setara Daring

0
1117
Peserta Kejar Paket pada PKBM Bina Warga Pegandon sekarang tidak harus hadir dalam pertemuan rutin di kelas. Hal ini setelah Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) tersebut menerapkan sistem belajar Setara Daring, yang sistem belajarnya dilakukan secara jarak jauh lewat internet melalui aplikasi yang sudah disediakan, Dalam aplikasi tersebut telah disediakan modul yang harus dipelajari oleh peserta didik.

Ketua PKBM Bina Warga Pegandon, Maftukhin mengatakan, bahwa sistem Setara Daring yang disediakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI dirancang untuk mempermudah bagi peserta didik yang tidak bisa mengikuti pelajaran dalam kelas, karena terbentur dengan pekerjaan. Padahal pertemuan rutin di kelas yang dilakukan seminggu  tiga kali itu  wajib diikuti oleh peserta didik Kejar Paket. “Peserta didik yang mengikuti sistem Setara Daring ini, harus mengerjakan modul secara urut, mulai dari modul pertama sampai modul terakhir. Nah, sebelum pindah ke modul berikutnya, maka peserta harus menyelesaikan tugas terlebih dahulu. Jadi, pada tiap-tiap mata pelajaran, ada modul 1, modul 2 dan seterusnya yang harus diselesaikan secara urut,” jelasnya.
Maftukhin menjelaskan, bahwa pada awal tahun ajaran, peserta PKBM dipersilahkan untuk memilih belajar dengan sistem Setara Daring atau belajar di kelas. PKBM Bina Warga Pegandon mulai menerapkan sistem Darng Setara sejak tahun 2018 lalu, namun masih uji coba dan pada tahun 2019 ini sudah mulai diterapkan. “Di Jawa Tengah, dari 63 lembaga, baru ada 6 lembaga yang sudah menerapkan sistem Setara Daring, yang salah satunya PKBM Bina Warga Pegandon,” katanya.
Dengan adanya sistem Setara Daring, maka para pengajar atau tutor di PKBM pun harus mengetahui program Setara Daring. Pembekalan tutor disampaikan langsung oleh pendamping Setara Daring dari Kemendikbud RI seperti yang dilakukan PKBM Bina Warga Pegandon pada Sabtu (3/8/2019) di SMK PGRI Pegandon.
Pendamping Setara Daring, Sukron Nugroho mengatakan, bahwa program sistem Setara Daring berbasis website, sehingga tidak harus menggunakan HP android. “Karena berbasis website, maka bisa dibuka HP biasa, tidak harus menggunakan HP android,” katanya.