PLN Terus Tingkatkan Pelayanan Pelanggan

PT PLN Kendal tingkatkan pelayanan konsumen

0
1156

PLN terus meningkatkan pelayanan terhadap pelanggan. Hal ini disampaikan Manajer PLN Area Semarang, Donny Adriansyah saat acara Pertemuan Multi Stakeholder Forum PLN Area Semarang di Semarang, Senin (25/6/2017). Upaya yang dilakukan adalah terus melakukan pemeliharaan jaringan supaya listrik tetap lancar atau menyala. “PLN terus melakukan pemeliharaan jaringan, misalnya melakukan pengecekan kondisi jaringan, kemudian mengganti peralatan yang baru ,”katanya.

Dikatakan, sekarang PLN dalam kegiatan pemeliharaan jaringan tidak lagi melakukan pemadaman. Pasalnya PLN sudah mempunyai tim ahli yang sudah terlatih dan memiliki sertifikasi. “Untuk pemeliharaan jaringan ini memiliki resiko tinggi, sehingga harus ditangani oleh petugas yang benar-benar ahli,”ujarnya.

Sementara itu Asisten Manajer Jaringan, PT PLN Area Semarang, Hendra Irawan mengatakan, gangguan listrik padam bisa terjadi kerana kondisi trafo yang tidak kuat menahan beban. Hal ini karena adanya penggunaan beban listrik yang berlebihan akibat adanya pencurian listrik. Pasalnya trafo yang dipasang PLN itu sesuai dengan beban yang ada. “Petugas akan melakukan penyisiran ke semua jaringan untuk mencari kabel-kabel listrik yang ilegal,”ujarnya.

Kerusakan jaringan juga karena gangguan pohon, terkena binatang dan layang-layang. PLN sebenarnya rutin melakukan kegiatan rabas-rabas pohon yang mengganggu jaringan listrik, namun kejadian bisa terjadi karena pohon tumbang yang menimpa jaringan listrik karena hujan dan angin. “Ada juga karena jaringan terkena benang layang-layang, oleh karena itu dihimbau kepada anak-anak agar tidak bermain layang-layang di tempat yang dekat dengan jaringan listrik,”himbaunya.

Manajer PLN Cabang Kendal, Alaudin menambahkan, gangguan listrik khususnya di area Kendal sering terjadi akibat terkena pohon. Pihaknya sudah rutin melakukan kegiatan raba-rabas pohon yang mengganggu jaringan listrik, namun tenaga yang ada masih belum mampu menjangkau banyaknya pohon yang harus diatasi. “Petugas tiap hari rata-rata menangani sekitar 50 pohon. Rencananya kami akan meminta kepada pihak Pemkab melalui dinas terkait untuk ikut membantu dalam kegiatan rabas-rabas pohon yang mengganggu jaringan listrik,”kata Alaudin.