Polres Kendal bersama Kodim 0715/Kendal siap Amankan Pemilu

Polres Kendal bersama Kodim 0715/Kendal simulasi pengamanan pemilu

0
71
Swarakendal.com : Polres Kendal bersama Kodim 0715/Kendal melakukan latihan gabungan simulasi pengamanan pemilu tahun 2024. Latihan gabungan ini bersamaan dengan Apel Pergeseran Pasukan Operasi Mantap Brata dalam Rangka Pengamanan TPS di Kabupaten Kendal di Alun-alun Kendal, Selasa (13/2/2024).
Simulasi pengamanan pemilu ini menggambarkan penanganan keributan di salah satu TPS. Emosi masa yang protes terjadinya kecurangan di TPS tidak bisa dibendung, sehingga dikerahkan pasukan gabungan dari Polri dan TNI.
Kapolres Kendal, AKBP Feria Kurniawan mengatakan, tugas pengamanan pemilu dimulai tanggal 13 sampai 17 Februari 2024. Jumlah anggota Polres Kendal yang ditugaskan sebanyak 496 personil dan BKO dari Polda Jateng sebanyak 96 personil. “Selain itu dibantu 102 personil TNI dari Kodim Kendal,” katanya.
Kapolres Kendal mengatakan, pengamanan untuk wilayah yang kurang rawan menggunakan pola 2 personil untuk 16 TPS dan dibantu anggota Linmas. Sejauh ini hanya ada 8 TPS yang rawan karena faktor geografis yang lokasinya jauh dari Polres. “Untuk lokasi yang rawan tersebut sudah dipersiapkan anggota yang sewaktu-waktu melakukan patroli,” ujarnya.
Bupati Kendal Dico M Ganinduto mengatakan, bahwa Pemkab Kendal bersama TNI dan Polri memastikan pemilu bisa berjalan dengan aman dan damai. Selain itu harus memberikan rasa kenyamanan di seluruh masyarakat. “Seluruh pihak, baik penyelenggara, pengawas maupun pengamanan harus dapat bersikap netral dalam menghadapi dinamika pemilu di lapangan,” tegasnya.
Bupati Dico menjelaskan, di Kabupaten Kendal ada 3.491 TPS yang tersebar di 286 desa dan kelurahan dengan jumlah total pemilih sebanyak 796.097 pemilih. Harapannya, jumlah partisipasi di Kendal harus selalu meningkat. “Jumlah partisipasi harus selalu naik, untuk memastikan demokrasi di Kabupaten Kendal dari tahun ke tahun semakin baik,” pungkasnya. (FA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan tambahkan komentar Anda!
Ketik nama anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.