Polres Kendal Launching Aplikasi “Kendal Siaga” untuk Percepat Penanganan Covid-19

Polres Kendal Launching Aplikasi "Kendal Siaga" untuk Percepat Penanganan Covid-19

0
119

Polres Kendal melakukan inovasi pelayanan publik berbasis aplikasi online berupa aplikasi “Kendal Siaga”. Launching aplikasi ini dilakukan oleh Kapolres Kendal, AKBP Raphael Sandhy Cahya Priambodo di Balai Desa Karangayu Kecamatan Kangkung, Kamis (28/01/2021). Aplikasi ini untuk mendukung penerapan protokol kesehatan sebagai sarana menuju Kendal yang aman dan sehat.

Kapolres Kendal AKBP Raphael Sandhy mengatakan, dengan hadirnya aplikasi online Kendal Siaga ini semua pihak dapat meningkatkan sinergitas antar instansi maupun lintas sektoral untuk percepatan penanganan Covid-19 khususnya di wilayah Kabupaten Kendal. Melalui aplikasi Kendal Siaga ini diharapkan dapat menambah kesadaran masyarakat supaya semakin mematuhi pentingnya protokol kesehatan, sehingga terhindar dari penularan Covid-19 maupun penyakit lainnya,” tutur Kapolres Kendal. “Program aplikasi Kendal Siaga ini merupakan implementasi perintah Presiden RI untuk menekan penyebaran kasus Covid-19,” kata Kapolres Kendal. 

Kapolres Kendal menegaskan, bahwa penyebaran Covid-19 tidak bisa diperangi secara orang perorang, tetapi harus bersinergi antara aparatur pemerintah bersama masyarakat dengan bergotong-royong dan  bersama-sama menekan penyebaran Covid19. Dengan aplikasi ini, petugas dapat melakukan monitoring status karantina masyarakat berikut posisinya. “Mari kita semua berperan aktif dalam memerangi penyebaran virus covid19 ini, yang dimulai dari diri sendiri dengan memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menerapkan pola hidup sehat yang aktif serta menjaga kebersihan diri dan lingkungan,” tegas Kapolres.

Aplikasi ini bisa dimanfaatkan bagi masyarakat umum untuk berbagi info seputar Kendal dan Covid-19. Untuk masyarakat karantina (ODP, PDP, dan Positif) dapat digunakan untuk check up online termasuk monitoring posisi bagi masyarakat yang menjalani karantina atau isolasi mandiri.

Disisi lain Bupati Kendal terpilih Dico M. Ganinduto menyambut positif langkah dari Polres Kendal dengan hadirnya Aplikasi Kendal Siaga. Ia berharap, aplikasi itu dapat terintegrasi dengan program-program pemerintah daerah guna mempercepat penanganan Covid-19 di Kabupaten Kendal sehingga, situasi umum kembali pulih dan perekonomian Kendal semakin maju.“Kami bangga dan mengapresiasi hadirnya Aplikasi Kendal Siaga, semoga ke depan aplikasi ini bisa terintegrasi dengan pemerintah daerah sehingga bisa mempercepat penanganan Covid-19 di Kendal dan situasi kembali pulih serta perekonomian semakin maju”, ungkap Dico.