Prihatin Harga Kedelai Naik, Penjual Tahu Tempe di Kendal akan Mogok Jualan 3 Hari

Prihatin Harga Kedelai Naik, Penjual Tahu Tempe di Kendal akan Mogok Jualan 3 Hari

0
357

Swarakendal.com : Para penjual tahu dan tempe di Pasar Tradisional Kendal akan ikut melakukan mogok berjualan tahu dan tempe selama tiga hari, mulai tanggal 21 sampai 23 Februari mendatang. Aksi mogok berjualan ini mengikuti seruan dari Pusat Koperasi Produsen Tempe Tahu Indonesia (Puskopti) Provinsi Jawa Tengah, berdasarkan surat edaran yang diterima, perihal pemberitahuan mogok produksi dan berjualan tahu tempe. `

Salah seorang penjual tahu tempe di Pasar Tradisional Kendal, Sulastri mengatakan, dirinya sudah menerima pemberitahuan untuk tidak berjualan tahu tempe pada tanggal 21 – 23 Februari 2022 dari produsen pemasok tahu tempe. Katanya ada surat pemberitahuan dari koperasi tempe untuk mogok berjualan tahu tempe selama tiga hari. “Sudah tahu nanti tanggal 21 sampai 23 Februari tidak jualan,” katanya, Jumat (18/2/2022).

Sulastri mengatakan, mulai Jumat ini harga tahu sudah naik, sedangkan untuk harga tempe tidak naik, tetapi ukurannya lebih tipis. Ia merasa berat dengan naiknya harga tahu tempe, karena banyak pelanggan yang tidak mau dinaikkan, padahal jika harga tidak naik, tentu akan rugi, karena harga kedelainya naik. “Harga tahu mulai hari ini sudah naik, tetapi kalau tempe tidak naik, tetapi lebih tipis,” jelasnya.

Penjual tahu tempe lainnya, Tuti Mulyati juga mengaku sudah diberitahu untuk tidak berjualan tahu tempe selama tiga hari. Terkait dengan harga tahu tempe, Tuti mengatakan, untuk harga tahu mulai Jumat ini naik, dari semula 190 ribu, naik menjadi 210 ribu untuk satu tong isi 350 biji. Sementara untuk harga tempe tidak naik, tetapi ukurannya lebih tipis. Tuti berharap, pemerintah bisa mengatur harga kedelai, karena jika harga kedelai mahal, maka akan menyulitkan bagi produsen maupun penjual tahu tempe. “Penginnya ya harga standar, sebab kalau harga kedelai mahal ya kami yang susah,” katanya.

Terkaitnya mogok berjualan tahu tempe selama tiga hari nanti, pihak penjual sudah memberitahukan kepada para pelanggan dan pembeli.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan tambahkan komentar Anda!
Ketik nama anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.