Prihatin, Honor Perawat Puskesmas hanya Rp 75 Ribu – 200 Ribu per Bulan

Seminar Perawat Kendal tentang kesejahteraan perawat 2017

0
779

Kesejahteraan atau gaji perawat di puskesmas akan diupayakan untuk segera ditingkatkan. Pasalnya gaji perawat di puskesmas ternyata jauh dari layak. Bukan hanya di Kendal, tapi hampir di semua daerah, rata-rata gaji perawat di puskesmas sebesar Rp 75 ribu – 200 ribu per bulan. Hal ini terungkap saat Seminar Keperawatan tentang Membangun Kualitas dab Profesionalisme menuju Kesejahteraan Perawat yang digelar oleh Forum Komunikasi Perawat Honorer Indonesia Kendal di Pendopo Kabupaten Kamis (18/5/2017).

Seperti disampaikan Ketua PPNI Prov Jateng Edy Wuryanto, bahwa perawat dituntut untuk bekerja profesional, untuk itu, perlakuan terhadap perawat atau kesejahteraannya juga harus diperhatikan dengan baik. Namun faktanya gaji atau honor perawat di puskesmas hampir di semua daerah masih jauh dari layak, bahkan ada yang tidak mendapatkan gaji sama sekali. “Inilah pemikiran bersama yang harus segera diperjuangkan,”tukasnya.

Di Kab Kendal ada 169 honorer perawat di puskesmas dan  banyak yang  mengabdi lebih dari 10 tahun. Ketua Forum Komunikasi PHI Kab Kendal, Saefulloh berharap pihak Pemkab dan dewan segera memperjuangkan nasib perawat yang kesejahteraannya belum diperhatikan.  “Gaji Kami sangat tidak layak, untuk itu Kami minta diperhatikan, karena Kami telah bekerja secara profesional,”katanya.

Sementara itu, Ketua DPRD Kendal Prapto Utono mengatakan, walaupun terkait dengan pegawai honorer seperti perawat terganjal dengan aturan pusat, namun akan dicarikan solusi agar kesejahteraan perawat bisa segera ditingkatkan. “Secepatnya akan dicarikan solusinya, sambil menunggu regulasi kebijakan pusat,”janjinya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan tambahkan komentar Anda!
Ketik nama anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.