Program Kota Tanpa Kumuh Dikebut

Sosialisasi Program Kotaku Kendal 2017

0
938

Sebanyak 16 lokasi di 4 kecamatan, yaitu Kec Kendal, Brangsong, Kaliwungu dan Weleri masuk kawasan yang akan ditangani dalam Program Kota tanpa Kumuh (Kotaku). Total di Kab Kendal ada 57 desa/kelurahan yang harus ditangani dalam Program Penanganan Kawasan Kumuh. Targetnya di tahun 2019 mendatang, luasan kawasan kumuh di Kab Kendal menjadi 0 persen.

Kabid Kawasan Permukiman pada Dinas Perumahan Rakyat dan dan Penataan Permukiman, M Yusuf Aryanto mengatakan, di tahun 2017 ini baru dialokasikan anggaran dari APBD Kabupaten Kendal sebesar Rp 440 juta untuk penanganan 4 lokasi di Kelurahan Ngilir dan Karangsari Kec Kendal.  Dalam penangana Program Kotaku ini melibatkan Tim Korkot Kotaku, Fasilitator kelurahan, kelurahan dan BKM. “Sementara baru anggaran dari APBD Kendal, sedangkan anggaran dari pusat belum jelas,”katanya.

Yusuf mengatakan, Tim Pelaksana Penadampingan Kotaku Kab Kendal telah melakukan Sosialisasi Program Kotaku 2017 kemarin. Dikatakan, sarana dan prasarana yang ditangani yaitu jalan lingkungan, drainase, pengelolaan sampah, penanganan kebakaran, sanitasi, dan pengelolaan air limbah. Penanganan ini akan berkolaborasi denga stake holder bersama masyarakat. Strategi percepatan penanganankawasan kumuh yaitu penanganan yang fokus dan tuntas dan penanganan secara komphrehensif. “Masyarakat harus ikut terlibat,”ujarnya.