PT Inizio Targetkan bisa Rekrut 2.000 Orang sebagai Mitra Perusahaan

PT Inizio adakan pelatihan menganyam

0
2353
PT Inizio bekerja sama dengan Pemkab Kendal mengadakan pelatihan menganyam di gedung PLUT Kendal pada Senin 9 Maret 2020. Pelatihan pada tahap pertama ini diikuti 20 peserta selama satu bulan. Pembukaan pelatihan dihadiri pejabat dari Kementerian Koperasi RI dan Bupati Kendal.

PT Inizio adalah perusahaan ekspor produk furniture yang telah bekerjasama dengan eksportir di berbagai negara, seperti negara Asia, Eropa, Amerika dan Australia. Produk yang dihasilkan adalah berbagai jenis furniture yang berkualitas ekspor. Perusahaan ini berdiri sejak tahun 2007 dan telah berkembang di berbagai daerah, di antaranya di Kendal Cirebon, Pati dan Ponorogo.
Factory Manager PT Inizio, Hartono BS mengatakan, kegiatan pelatihan ini merupakan tindak lanjut dari pertemuan dengan Menteri Koperasi pada Januari lalu yang meminta agar PT Inizio menjadi bapak angkat UMKM di Jawa Tengah. Tujuannya untuk menggerakkan perekonomian masyarakat, karena setelah mengikuti pelatihan selama satu bulan, mereka akan direkrut menjadi mitra perusahaan. “Sebagai pembina UMKM, kami membantu para pelaku UMKM supaya berkembang, karena selama ini para pelaku UMKM terkendala dalam pemasaran. Tapi PT Inizio membeli produk yang mereka buat dengan harga yang bagus,” katanya.
Hartono mengatakan, khusus di Kabupaten Kendal pada tahun 2020 ini pihak perusahaan menargetkan bisa merekrut sebanyak 2000 warga sebagai mitra perusahaan. Dengan demikian, selain membuka peluang lowongan pekerjaan, juga bisa menjadi pekerjaan sampingan yang akan menambah penghasilan keluarga. Pasalnya untuk menjadi mitra perusahaan tidak ada persyaratan usia, karena ibu-ibu rumah tangga juga bisa menjadi mitra perusahaan. “Siapa saja boleh menjadi mitra dengan mengikuti pelatihan, baik yang masih muda maupun ibu-ibu rumah tangga,” ujarnya.
Dikatakan, setelah mengikuti pelatihan selama satu bulan, maka tiap peserta mempunyai tugas baru untuk merekrut 10 orang untuk dilatih menjadi penganyam. Selanjutnya mereka menjadi perajin anyaman untuk membuat produk sesuai permintaan perusahaan yang bahan bakunya sudah disediakan oleh perusahaan. Produk anyaman yang dibuat semuanya akan dibeli oleh perusahaan. Upah per produk bisa Rp. 100 ribu sampai 150 ribu tergantung dari besar kecilnya barang yang dibuat. “Bagi yang masih baru rata-rata per bulan bisa menghasilkan 15 sampai 20 kursi dan sudah mahir tentu lebih banyak lagi. Potensi penghasilan bisa mencapai 4 juta rupiah per bulan,” katanya.
Bupati Kendal Mirna Annisa berharap, agar kesempatan ini bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Bupati juga berharap, agar PT Inizio semakin berkembang, sehingga bisa membuka kesempatan yang seluas-luasnya kepada warga Kendal untuk menjadi mitra perusahaan. “Pemkab Kendal siap bekerja sama dengan PT Inizio untuk memberikan kesempatan kepada warga Kendal yang ingin menjadi mitra perusahaan,” katanya.