Puskesmas di Kendal sudah Layani Vaksinasi Booster

Puskesmas di Kendal sudah Layani Vaksinasi Booster

0
46

Swarakendal.com : Pelaksanaan vaksinasi dosis ketiga atau vaksin booster di Kabupaten Kendal mulai dilakukan Jumat 14 Januari 2022. Vaksinasi dilakukan di masing-masing puskesmas dengan prioritas utama warga lanjut usia. Namun pada hari pertama ini masih sedikit warga yang melakukan vaksinasi booster. 

Di Puskesmas Kendal 2 tercatat hanya 4 warga yang melakukan vaksinasi booster, semuanya lanjut usia. 

Menurut dokter Puskesmas Kendal 2, dr. Istiqomah, sedikitnya warga melakukan vaksinasi booster pada hari pertama, kemungkinan belum mengetahui informasinya, karena jadwal baru diumumkan kemarin. Persyaratannya minimal 6 bulan setelah vaksin dosis kedua. Vaksin yang digunakan jenis vaksin Pfizer. “Vaksinasi booster baru mulai hari ini, tapi pemberitahuannya mendadak, jadi baru ada 4 orang, kalau yang disediakan sampai 100 orang,” jelasnya, Jumat (14/01/2022).

Muhammad Ali Yusuf (65), warga yang melakukan vaksinasi booster mengatakan, bahwa vaksin booster sangat penting, supaya kekebalan tubuh terhadap Covid-19 benar-benar maksimal. Ia berharap, warga lainnya untuk melakukan vaksinasi booster. “Harus sampai dosis ketiga, supaya ketahanan tubuh kita lebih kuat lagi,” ujarnya.

Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kendal, Parno mengatakan, stok vaksin untuk vaksinasi booster sudah tersedia, demikian pula untuk tenaga vaksinasi juga sudah siap. Namun pelaksanaannya harus menunggu instruksi dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, sehingga secara resmi baru diinstruksikan ke puskesmas pada Kamis kemarin. “Persiapannya sudah matang, untuk sasarannya dan juga tenaga kesehatannya, tinggal mengunggu koordinasi dengan Provinsi,” kata Parno, Kamis kemarin.