Ratusan Anak PAUD di Kendal Ikut Rekam Data KIA di Tempat Wisata

Dispendukcapil Kendal rekam data KIA di Tirtoarum

0
457

Swarakendal.com : Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kendal menggelar layanan Si KIAN untuk pembuatan Kartu Identitas Anak (KIA) secara massal di objek wisata Tirtoarum Baru Kendal, Minggu (17/12/2022). Sasarannya untuk anak SD se eks Kawedanan Kendal yang meliputi empat kecamatan, yakni Kecamatan Kendal, Pegandon, Patebon dan Kecamatan Ngampel. Kegiatan ini diramaikan dengan hiburan anak-anak dan pembagian doorprize. Penyerahan Kartu Identitas Anak secara simbolik dilakukan oleh Bupati Kendal Dico M Ganinduto.

Kepala Dispendukcapil Kendal, Ratna Mustikaningsih mengatakan, semestinya ketika anak dilahirkan harus segera didaftarkan untuk mendapatkan Kartu Identitas Anak bersamaan dengan Akta Kelahiran, karena Kartu Identitas Anak merupakan hak setiap anak. Oleh karena pihaknya terus melakukan layanan pembuatan KIA, bahkan dengan jemput bola ke sekolah-sekolah dan layanan secara massal.

“Kartu Identitas Anak ini berlaku sampai anak berusia 17 tahun, kemudian diganti Kartu Tanda Penduduk (KTP) dengan nomor induk yang sama dengan KIA,” jelasnya.

Dikatakan, sampai saat ini pencetakan KIA di Kabupaten Kendal sudah mencapai dua ratus ribu lebih atau sudah di atas 40 persen, sesuai target yang ditetapkan. Namun pihaknya terus melakukan layanan pembuatan KIA hingga tuntas. “Karena semua anak Indonesia harus mempunyai indentitas kependudukan, dan kami di Kabupaten Kendal mempunyai target empat puluh persen dari anak-anak yang terdaftar. Meskipun saat sudah mencapai empat puluh tiga persen, namun demikian terus akan kami lakukan, karena itu merupakan hak warganegara Indonesia untuk mendapatkan identitas kependudukan,” tandasnya.

Bupati Kendal Dico M Ganinduto mengatakan, Pemkab Kendal akan memberikan pelayanan yang terbaik dalam pembuatan Kartu Identitas Anak agar bisa dimanfaatkan dengan baik. Bupati juga berpesan kepada para orang tua, agar minat dan bakat anak-anaknya didukung untuk meningkatkan sumber daya manusia, sehingga harus dimulai sejak anak usia dini.  “Dari Kabupaten Kendal untuk bisa memberikan Kartu Identitas kepada anak-anak kami, dan mudah-mudahan bisa digunakan dengan baik,” ujarnya.

Bersamaan dengan Layanan Si KIAN, juga dilakukan aktivasi KTP Digital yang sudah diberlakukan mulai tahun 2022 ini. Aplikasi KTP Digital bisa didownload melalui play store, namun untuk aktivasinya harus melalui Dispendukcapil. Pada tahap awal, aktivasi KTP Digital dimulai dari kalangan Aparatur Sipil Negara atau pegawai negeri.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan tambahkan komentar Anda!
Ketik nama anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.