Ratusan Perahu di Kampung Nelayan Mbirusari Pasang Bendera Baru

Ratusan Perahu di Kampung Nelayan Mbirusari Pasang Bendera Baru

0
67

Swarakendal.com : Para nelayan di Dusun Mbirusari Kelurahan Kalibuntu Kendal mulai awal Agustus ini sudah mengganti bendera merah putih lama dengan yang baru. Ratusan perahu yang bersandar di sepanjang Sungai Biru sebagian besar sudah mengganti bendera merah putih lama dengan yang baru.

Seorang nelayan, Rohmat mengatakan, setiap bulan Agustus selalu mengganti bendera merah putih di perahunya dengan bendera merah putih yang baru. Hal ini karena untuk memperingati hari Kemerdekaan Indonesia. Ia pun merasa bangga dengan bendera merah putih yang baru, karena cinta Indonesia. “Pasang bendera di perahu ya bangga, sebagai warga Indonesia. Tiap Hari Kemerdekaan ganti bendera yang baru,” katanya.

Ketua RW Kampung Mbirusari, Slamet mengatakan, sudah menjadi tradisi di setiap bulan Agustus, para nelayan secara mandiri mengganti bendera merah putih dengan yang baru. Dari pihak RW maupun RT tidak ada himbauan atau pemberitahuan kepada para nelayan untuk mengganti bendera merah putih yang baru, karena sudah melakukan sendiri tanpa ada komando. Namun pihak RW akan meminta kepada nelayan yang bendera merah putih sudah usang, aga diganti dengan yang baru. “Berkaitan dengan pasang bendera baru itu ya masing-masing pemilik perahu pasang sendiri,” ujarnya.

Tidak hanya bendera merah putih yang terpasang di perahu, namun banyak juga yang menambah dengan bendera umbul-umbul, terutama perahu-perahu yang berukuran besar.