Roadshow Relasi Kerja Terima Calon Pekerja Lulusan SD

Roadshow Relasi Kerja Disperinaker Kendal

0
123
Swarakendal.com : Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperinaker) Kendal membuat terobosan untuk percepatan penurunan angka pengangguran di Kabupaten Kendal. Terobosan ini dengan menggelar program Roadshow Relasi Kerja, atau rekrutmen dan pelatihan siap kerja di bulan Februari 2024.
Roadshow ini dijadual di lima ex Kawedanan, dimulai di Kecamatan Kendal Kota, Kecamatan Weleri, Kecamatan Kaliwungu, Kecamatan Boja dan Kecamatan Sukorejo. Pada Roadshow kali ini menggandeng dua perusahaan di Kawasan Industri Kendal (KIK) yang membuka lowongan kerja, yakni PT Eclat Textile International dan PT Polaris Uno Indonesia.
Kepala Disperinaker Kendal, Cici Sulastri mengatakan, program Roadshow ini merupakan salah satu inovasi untuk mempercepat penurunan angka pengangguran di Kabupaten Kendal. Digelarnya Roadshow di tiap-tiap ex Kawedanan, tujuannya untuk mendekatkan pencari melamar pekerjaan. “Bagi yang lulus seleksi di sini, akan diikutkan pelatihan di perusahaan, kemudian paska pelatihan akan langsung direkrut sebagai karyawan,” jelasnya.
Cici mengatakan, pada Roadshow kali ini, perusahaan juga membuka kesempatan calon pekerja lulusan SD dan SMP. Dengan demikian, akan mempercepat penurunan angka pengangguran, karena angka pengangguran di Kabupaten Kendal yang saat ini mencapai 36 ribu orang, sebagian besar lulusan SD dan SMP. “Menurut data di BPS tahun 203, angka pengangguran di Kabupaten Kendal sebagian besar lulusan SD dan SMP sekitar 50,33 persen, sedangkan yang lulusan SMA dan SMK sekitar 40,46 persen, dan yang lainnya di luar itu,” jelasnya.
Lebih lanjut dikatakan, tahun ini PT Eclat membuka lowongan pekerjaan sebanyak 3000 orang, sedangkan PT Polaris Uno sebanyak 500 orang. Program Roadshow Relasi Kerja ini akan dilakukan tiap tiga bulan dengan menggandeng perusahaan lainnya. “Makanya, kami harap kepada pihak kecamatan agar mengarahkan seluruh desa dan kelurahan untuk mensosialisasikan ini, supaya warganya yang sedang mencari pekerjaan bisa ikut melamar melalui program ini,” harapnya.
Bupati Kendal, Dico M Ganinduto mengatakan, program Roadshow Relasi Kerja ini untuk menangkap adanya peluang penambahan tenaga kerja di perusahaan-perusahaan. Hal ini karena adanya kerja sama yang sudah terjalin dengan baik antara Pemkab Kendal dengan Kawasan Industri Kendal.
“Melalui program Roadshow ini juga bisa memetakan jumlah pencari kerja dilihat dari spesfikasi, umur dan pendidikan, sehingga akan diketahui seberapa besar antusias masyarakat Kendal yang membutuhkan pekerjaan, maka ke depan bisa memberikan pelatihan sesuai dengan kebutuhan,” jelasnya. (FA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan tambahkan komentar Anda!
Ketik nama anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.