RSUD dr Soewondo Buka Pelayanan Akupuntur

0
1732

Rumah Sakit dr Soewondo Kendal mulai 22 Februari lalu membuka pelayanan Akupuntur. Penanganan pasien Akupuntur dilakukan oleh  dr Kusuma Yudopranoto, satu-satunya dokter di RSUD dr Soewondo yang telah mengikuti pendidikan Akupuntur di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. “Sementara baru saya yang menangani pasien Akupuntur di sini,”ujarnya.

Dokter Kusuma mengatakan, penanganan pasien Akupuntur hanya dengan tusuk jarum, tanpa menggunakan obat apapun. Penanganan pasien hanya dilakukan sekitar 20 menit.  Beberapa jenis penyakit atau keluhan yang ditangani dengan Akupuntur ada sekitar 24 jenis, di antaranya asma, gejala mag, migrain, lumpuh wajah sesisi, nyeri bahu, nyeri pinggang, nyeri otot, nyeri saraf setelah sakit herpes, darah tinggi, pasca stroke, muntah-muntah, produksi ASI kurang, biduran, dan insomnia. “Pasien kebanyakan mengalami keluhan nyeri,”katanya.

Sementara itu, Humas RSUD dr Soewondo Kendal Endang Setyorini mengatakan, pelayanan akupuntur, untuk sementara hanya hari Senin dan Kamis pada jam kerja. Pelayanan Akupuntur juga belum bisa menggunakan BPJS.  Pasien hanya dikenai pendaftaran 10 ribu, dan biaya tindakan 100 ribu. “Ruang pelayanan baru satu ruang, namun jumlah pasien sudah lumayan banyak,”katanya.