Rumah Zakat Kendal Bagi-bagi Paket Lebaran dan Buka Puasa Bersama

Rumah Zakat Kendal bukber dan bagi paket lebaran 2017

0
1034

Memanfaatkan moment Ramadhan dan mengharap keberkahanNya, Rumah Zakat Kendal melakukan kegiatan buka bersama dan membagi bingkisan lebaran ke masyarakat Kendal. Pendamping Desa Berdaya Rumah Zakat, Siti Munawaroh mengatakan, donasi dari para donatur digunakan untuk kegiatan buka bersama dan berbagi bingkisan lebaran agar mendapat keberkahan karena keutamaan ramadhan. “Ada 1600 kaleng kornet sapi, 500 paket buka bersama dan 20 Bingkisan Lebaran Keluarga”kata Siti, Senin (19/6/2017).

Siti mengatakan, kegiatan ini dilakukan di 6 desa yang diamanahkan kepada 6 Pendamping Desa Berdaya Rumah Zakat. Yaitu Desa Kebonharjo-Patebon, Desa Jenarsari-Gemuh, Desa Purworejo-Ringinarum, Desa Parakan Sebaran-Pageruyung, Desa Cepiring-Cepiring dan Desa Brangsong-Brangsong. Rumah Zakat sendiri merupakan Lembaga Amil Zakat Nasional yang telah mendapat pengesahan dari Kementerian Agama. “Sesuai amanat Undang Undang Lembaga Zakat harus mendapat ijin dari Kemenag” tutur Siti

Untuk Paket Buka bersama, merupakan kerjasama Rumah Zakat selaku Organizer dengan PT Sriboga Flour Mill Semarang selaku donatur. Ada 500 paket untuk buka puasa bersama yang didistribusikan ke santri pondok dan TPQ yang ada di sekitar desa berdaya. Panitia memilih segmen santri karena sebagai salah satu asnaf fii sabilillah yaitu orang yang berjuang mencari ilmu di jalan Allah. Selain itu selama Ramadhan, jarang orang yang memberikan donasi ke mereka. “Kebanyakan penyaluran bantuan kan ke panti asuhan. Dengan adanya sedikit paket buka ini, lebih bisa meningkatkan motivasi santri untuk terus mencari ilmu.” tambah Siti.

Penyaluran kornet Super Qurban sendiri di Kab Kendal diutamakan untuk kaum dhuafa dan masyarakat miskin. Ada 1600 kornet yang dibagikan ke pemulung, janda miskin, panti dan asuhan. Agar penyalurannya merata, penyalurannya bekerjasama dengan beberapa komunitas. “Salah satunya komunitas sedekaholic Kabupaten Kendal”tambah Siti.

Bingkisan Lebaran Keluarga didistribusikan ke marbot masjid dan beberapa pemulung. Bingkisan Lebaran Keluarga ini bertujuan untuk membantu keperluan keluarga kurang mampu menjelang lebaran. Bingkisan ini berupa paket sembako yang berisi beras 5 kg, minyak goreng 2 kg, biskuit lebaran, sirup, sarden 2 buah, sarung dan jilbab.