Saat Pencoblosan, Petugas KPPS akan Datangi Pemilih di Rumah Sakit dan Warga yang Isolasi Mandiri di Rumah

Saat Pencoblosan, Petugas KPPS akan Datangi Pemilih di Rumah Sakit dan Warga yang Isolasi Mandiri di Rumah

0
148

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kendal bakal menerapkan protokol kesehatan saat pencoblosan pada Pilkada Kendal tanggal 9 Desember 2020. Hal itu untuk mencegah agar tidak terjadi klaster baru penyebaran Covid-19 pada Pilkda, sekaligus memberikan rasa aman kepada pemilih di setiap tempat pemungutan suara (TPS).


KPU juga akan memberikan perlakuan khusus bagi warga pemilih yang sedang menjalani isolasi mandiri di rumah dan pasien Covid-19 yang sedang menjalani perawatan di rumah sakit, sehingga tetap bisa menggunakan hak pilihnya. Nantinya akan ada petugas khusus dengan didampingi para saksi yang akan mendatangi pasien covid maupun yang isolasi mandiri di rumah. Untuk menjamin keamanan dari penyebaran virus Corona, maka surat suara akan dimasukkan ke dalam plastik dan disemprot disinfektan.


Ketua KPU Kendal, Hevy Indah Oktaria mengatakan, sesuai PKPU, pelayanan bagi pasien Covid-19 akan dibantu oleh petugas kesehatan. Sebelum dan sesudah dicoblos, plastik berisi surat suara akan disemprot disinfektan untuk sterilisasinya. Petugas kesehatan yang mendampingi pemilih pasien covid akan menandatangani formulir C pendamping, yaitu surat pernyataan merahasiakan pilihan pemilih. Demikian pula untuk pemilih yang isolasi mandiri di rumah. “Untuk pasien covid, surat suaranya sudah terbuka dan dibungkus dengan plastik, jadi tinggal mencoblos, namun akan dijaga kerahasiaannya,” jelasnya, Senin (7/12/2020).

Hevy mengatakan, pihak KPU sudah melakukan koordinasi dengan rumah sakit-rumah sakit yang ada di Kabupaten Kendal dan Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Kendal. Yakni untuk meminta data pasien Covid-19 yang ada di rumah sakit maupun yang melakukan isolasi mandiri. Dalam memberikan pelayanan kepada pemilih pasien Covid-19, baik yang menjalani perawatan maupun isolasi mandiri, KPU akan menerjunkan petugas KPPS, yang didampingi saksi dan pengawas TPS. “Nanti petugas KPPS bersama para saksi akan mendatangi pemilih yang di rumah sakit maupun yang menjalani isolasi mandiri di rumah,” katanya.

Untuk pemilih di luar TPS akan dilayani dari jam 12.00 hingga jam 13.00 WIB. Karena di PKPU dan UU ada klausul untuk mengutamakan pelayanan di TPS, maka untuk pemilih di luar TPS akan  dilayani dengan memperhatikan waktu dan kesediaan surat suara.