Sapi Berat 1 Ton Kurban dari Bupati Kendal Disembelih di Rumah Dinas Bupati

Sapi Berat 1 Ton Kurban dari Bupati Kendal Disembelih di Rumah Dinas Bupati

0
41

Swarakendal.com : Penyembelihan sapi kurban dari Bupati Kendal Dico M Ganinduto dilakukan pada Rabu (21/7/2021) di rumah dinas Bupati Kendal. Pada Hari Raya Idul Adha tahun ini Bupati Kendal memberikan hewan kurban 25 ekor sapi. Dua ekor sapi disembelih di rumah dinas Bupati Kendal, yang satu ekor merupakan sapi terbesar di Kabupaten Kendal dengan berat 1 ton lebih.

Bupati Kendal Dico M Ganinduto mengatakan, untuk mendapatkan sapi dengan berat 1 ton lebih, dirinya berkeliling ke ternak-ternak sapi di Kabupaten Kendal. Ia berharap dengan berjalannya kegiatan kurban di Hari Raya Idul Adha ini, masyarakat bisa saling bekerja sama membantu warga yang terdampak Covid-19. 

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kendal, Tjipto Wahjono mengatakan, pada tahun ini jumlah hewan kurban mengalami penurunan sekitar 10 persen dari sebelum masa pandemi dari  13.620 ekor menjadi 12.000 ekor. Penurunan disebabkan karena pandemi Covid-19 yang belum usai. “Jumlah hewan kurban tahun ini turun dibanding tahun lalu, karena kondisi masih pandemi,” katanya.

Tjipto mengatakan, untuk penyembelihan hewan kurban, masyarakat bisa melakukan di rumah pemotongan hewan (RPH) yang ada. Di Kendal ada 4 RPH, yakni di Kecamatan Boja, Sukorejo, Pegandon dan Weleri. “Yang penting saat penyembelihan mematuhi protokol kesehatan,” ujarnya.

Dinas Pertanian dan Pangan Kendal menerjunkan petugas pemeriksaan hewan kurban di seluruh kecamatan yang ada. Pemeriksaan dilakukan untuk memastikan hewan kurban yang akan disembelih kondisinya sehat. (Faiz R)