Satgas PPKM Mikro Kelurahan Karangsari Dirikan Dapur Umum untuk Suplai Makan Satu RT yang Dilockdown

Satgas PPKM Mikro Kelurahan Karangsari Dirikan Dapur Umum untuk Suplai Makan Satu RT yang Dilockdown

0
65

Swarakendal.com : Satgas PPKM Mikro Kelurahan Karangsari Kendal mendirikan dapur umum untuk melayani kebutuhan makan seluruh warga di RT 1 RW 4 yang dilockdown. Pendirian dapur umum yang dimulai Rabu 9 Juni 2021 akan berjalan selama 14 hari dengan melibatkan tenaga dari ibu-ibu PKK, karang taruna dan relawan. Didampingi perangkat keluaran, Babinsa dan Babinkamtibmas.


Pemberlakuan lockdown satu wilayah RT ini dilakukan setelah diketahui hasil tes swab terdapat 78 warga positif Covid-19. Tertularnya puluhan warga tersebut diduga dari klaster rombongan takziah yang menggunakan satu mobil yang berdesakan. Ada salah seorang anggota rombongan kondisinya batuk-batuk dan pilek, namun tidak menggunakan masker.   

Kepala Kelurahan Karangsari, Gatot Tunggul Wulung mengatakan, untuk logistik kebutuhan dapur mendapat bantuan dari Baznas Kendal. Selain itu, pihaknya akan meminta bantuan CSR dari perusahaan setempat. “Alhamdulilah untuk logistik sudah mendapat bantuan dari Baznas, namun kami akan meminta juga kepada pengusaha atau perusahaan melalui dana CSR,” katanya.


Kasmini, petugas dapur umum dari PKK Kelurahan Karangsari mengatakan, penyaluran makanan diberikan tiga kali sehari, yakni untuk makan pagi, siang dan malam. Menu lauk pauk dan sayur selalu berganti-ganti supaya tidak bosan. “Kami memasaknya juga tiga kali, dimulai dari pukul 4 pagi untuk sarapan, kemudian memasak untuk makan siang dan memasak untuk makan malam,” jelasnya.

Selain bantuan makanan, warga juga mendapat bantuan vitamin dan obat-obatan dari Dinas Kesehatan melalui puskesmas setempat. Warga juga dipantau supaya mematuhi protokol kesehatan secara ketat.