Satu Balita di Desa Sambongsari Weleri Neninggal Dunia Akibat Difteri

Satu Balita di Desa Sambongsari Weleri meninggal dunia akibat difteri

0
1571

Balita berusia 4 tahun bernama M.Rindata Adi Nugraha  di Desa Sambosari meninggal dunia akibat terkena penyakit dipteri. Menurut keterangan Kepala Desa Sambongsari, anak tersebut meninggal pada Rabu (13/12/2017) sekitar pukul 01.30 WIB. Anak tersebut telah dimakamkan pada hari itu juga pukul 10.00 WIB. Sehari sebelumnya, anak tersebut dibawa ke RSI Weleri, kemudian dirujuk ke RSUP dr Kariadi Semarang, namun tidak dapat tertolong. “Ya benar ada warga Kami yang meninggal karena difteri,”katanya.

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit pada Dinkes Kendal, Muntoha mengatakan, mengatakan  Dinkes Kabupaten Kendal langsung melakukan inspeksi epidemiologi di desa balita itu tinggal.
 
“Memang benar ada satu balita yang meninggal akibat difteri di desa Sambungsari. Tadi siang kami sudah melakukan inspeksi di lokasi bayi tersebut,’ ujarnya. 
 
Dinkes juga akan melakukan ORI (Outbreak Response Immunization) atau imunisasi ulang untuk anak di bawah lima tahun serta melakukan pengobatan bagi warga yang sakit di desa tersebut.
 
Difteri adalah infensi bakterial serius yang memperngaruhi membran mukossa di tenggorokan dan hidung. Meskipun penyakit ini mudah menular ke orang lain, namun dapat dicegah dengan vaksinasi. Segera hubungu dikter, jika ada yang mengalami difteri, sebab jika tidak segera diobati, maka dapat menyebabkan kerusakan serius pada ginjal, sistem syaraf dan jantung.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan tambahkan komentar Anda!
Ketik nama anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.