Sebanyak 20 Peserta tidak Hadir dalam Tes Tertulis Seleksi Anggota PPK untuk Pilbup Kendal 2020

KPU Kendal adakan tes tertulis seleksi anggota PPK untuk Pilbup 2020

0
306
KPU Kendal mengadakan tes tertulis bagi calon anggota PPK untuk Pilbup Kendal 2020. Tes tertulis ini diikuti peserta yang lolos seleksi administrasi. Dari 333 peserta, yang tidak hadir mengikuti tes tertulis sebanyak 20 orang.

Ketua KPU Kendal Hevy Indah Oktaria mengatakan, waktu yang disediakan 60 menit untuk mengerjakan 50 soal dalam bentuk pilihan ganda. Soal terdiri dari empat type, sehingga tidak memungkinkan untuk bekerja sama atau saling menyontek antar peserta. “Tes dilakukan secara serentak, bersama-sama di Pendopo ini,” katanya.
Hevy mengatakan, setelah waktu mengerjakan soal selesai, langsung dibacakan kunci jawaban, sehingga peserta bisa mencocokkan sendiri jawabannya. Dari tes tertulis ini akan diambil 200 peserta terbaik untuk mengikuti tes wawancara. “Tes wawancara akan dilakukan tiga hari setelah tes tertulis ini,” jelasnya.
Menurut anggota Bawaslu Kendal, Ubaidillah, pelaksanaan tes tertulis ini sudah bagus dan sesuai dengan ketentuan KPU. Ia menilai dengan adanya 4 type soal dan langsung disampaikan kunci jawaban kepada peserta, maka pelaksanaan tes tertulis ini sudah mendekati tes dengan sistem CAT.
“Pelaksanaan tes tertulis ini sudah sesuai dengan ketentuan KPU. Walaupun tes tertulis ini tidak menggunakan sistem CAT, namun tidak masalah, karena dengan dibacakan kunci jawaban langsung kepada peserta setelah selesai tes, maka peserta sudah merasa puas dengan hasil tesnya,” katanya.