Sebanyak 27 Tenaga Kerja Asing di Wilayah Kendal Semuanya Legal

Timpora Kendal cek tenaga kerja asing di pabrik-pabrik

0
597
Tim Pengawas Orang Asing (Timpora) Pemkab Kendal yang terdiri dari Kesbangpol, Diasnaker, Kodim 0715 dan Polres Kendal pada Senin 10 September melakukan pemantauan ke perusahaan-perusahaan yang mempekerjakan tenaga asing. Di antaranya di Kawasan Industri Kendal (KIK), PT Kayu Lapis, PT Inisio dan PT APF Kaliwungu.

Manajer Teenant Realationship KIK, Khairul Imam menjelaskan, di KIK yang saat ini ada enam perusahaan yang sudah beroperasi, hanya ada empat perusahaan yang mempekerjakan tenaga asing. Yakni di KIK sendiri ada 3 orang, PT Tat Way 1 orang, PT Roda Maju Perkasa 4 orang, PT APF 15 orang dan PT Cahaya Maju 2 orang. Dikatakan, semua tenaga asing yang bekerja di KIK adalah pekerja resmi dan sudah dilaporkan kepada instansi terkait. “Di sini semuanya legal, karena pihak KIK selaku pemegang kawasan telah menyampaikan kepada semua perusahaan untuk melaporkan keberadaannya kepada instansi terkait di daererah,”katanya.
Kepala Kantor Kesbangpol Kendal, Ferinando Bonay mengatakan, pemantauan terhadap orang asing yang bekerja di wilayah Kab Kendal  rutin dilakukan pengawasan dua kali dalam setahun. Pengecekan dilakukan untuk mengetahui aktivitas pekerja asing, memeriksa kelengkapan dokumennya, seperti izin bekerja, paspor, visa dan dokumen lainnya. Jika ada dokumen yang belum lengkap, maka diminta untuk segera melengkapi, misalnya izin tempat tinggal yang biasanye belum dilengkapi. “Yang sering lupa biasanya surat izin tempat tinggal, maka kami minta segera mengurus ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil,”ujarnya.