Sekcam Weleri Sosialisasikan Si Kendal

Sekcam Weleri Sosialisasikan Si Kendal

0
408

Swarakendal.com : Sekretaris Kecamatan Weleri Moh Fatkhurahman menjadi narasumber sosialisasi Inovasi Si KENDAL di Pendopo Kecamatan Weleri, Kamis (28/7/2022). Sosialisasi yang bertajuk Optimalisasi Pelayanan Administrasi Publik melalui Si KENDAL (Sistem Kecamatan e-Arsip Handal) di Kecamatan Weleri Kabupaten Kendal dibuka oleh Camat Weleri Marwoto. 

Selain dihadiri Danramil Weleri Kapten Kapten Cba Budi Cahyo Kurdianto dan Kapolsek Weleri AKP Ruslan, sosialisasi juga dihadiri Fujiama Diapoldo Silalahi M.Kom, Wakil Rektor Bidang Keuangan Perencanaan dan Pengembangan Sistem Informasi Universitas Sains dan Teknologi Komputer (STEKOM) Semarang. Peserta sosialisasi terdiri dari para kades se Kecamatan Weleri dan para pengusaha jasa keuangan seperti BPR dan kospin dari Kendal maupun Weleri.

“Si KENDAL merupakan aplikasi kearsipan digital yang terintegrasi dengan website Kecamatan Weleri, sehingga dapat dibuka dari manapun dan kapanpun. Inovasi ini sebagai bentuk nyata kami dalam mendukung misi kelima Kabupaten Kendal yaitu mewujudkan tata kelola pemerintahan yang demokratis, transparan, akuntabel, berbasis elektronik dan bebas korupsi,” kata Fatkhur mengawali sosialisasi.

Melalui aplikasi Si KENDAL masing-masing subbag dan seksi kecamatan dapat mengarsip sendiri. Begitupula desa yang ada di Kecamatan Weleri. Berbagai surat, regulasi, ataupun dokumen dapat disimpan dan jika diperlukan dapat dilihat ataupun diunduh kapanpun jadi tidak harus datang ke gudang arsip,” jelas Fatkhur lebih lanjut.

Camat Weleri Marwoto dalam sambutannya antara lain mengatakan, dengan adanya inovasi Si KENDAL, arsip di Kecamatan Weleri akan menjadi lebih tersistem dan terintegrasi, terkelola dengan baik, dan dalam mencari arsip akan lebih mudah dan cepat. “Adanya inovasi ini, maka lebih mudah mencari data kearsipan,” katanya.

Fujiama Diapoldo Silalahi yang mewakili Rektor Universitas Sains dan Teknologi Komputer (STEKOM) Semarang mengapresiasi inovasi Si KENDAL . Hal ini bermula dari kerjasama magang mahasiswa di Kecamatan Weleri, kemudian muncul gagasan untuk membuat aplikasi kearsipan digital yang diberi nama Si KENDAL. 

“Setelah Pak Sekcam berkoordinasi dengan Diskominfo  akhirnya dapat terintegrasi juga dengan website Kecamatan Weleri. Kami sangat mendukung dan siap melanjutkan kerjasama untuk pengembangan aplikasi Si KENDAL agar dapat direplikasi oleh kecamatan lainnya,” tandasnya.

Sosialisasi Inovasi Si KENDAL mampu menarik perhatian para kades terbukti banyak yang mengajukan pertanyaan seperti Kades Ngasinan, Tratemulyo, Bumiayu, dan Karangdowo. Begitu juga dari BPR BKK Kendal, Kospin Sekartama Weleri, dan KSP Surya Artha Weleri.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan tambahkan komentar Anda!
Ketik nama anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.