Sekitar 1000 Hektar Tanaman Padi di Kab Kendal Diserang Hama Wereng

0
517
Sekitar seribu hektar tanaman padi di wilayah Kab Kendal terancam hama wereng coklat. Kepala Dinas Pertanian Kendal Ir Sri Purwati mengatakan, beberapa kecamatan yang terancam hama wereng di antaranya di Kec Brangsong, Ringinarum dan Cepiring. Untuk memberantas hama wereng agar tidak menjalar ke wilayah lain, pihak Dinas Pertanian telah melakukan upaya pengendalian hama wereng. Pengendalian sudah dilakukan dengan melakukan penyemprotan massal pada tanaman yang yang sudah terkena wereng. Dinas Pertanian pun menyediakan obat secara cuma-cuma bagi petani yang membutuhkan. “Pengendalian sudah dilakukan sejak Jumat lalu dengan mengadakan penyemprotan massal bersama petani,”katanya.

Seperti tanaman padi di Desa Sidorejo Kec Brangsong yang terkena hama wereng telah dilakukan penyemprotan massal oleh Dinas Pertanian bersama para petani dengan dibantu anggota TNI pada Senin (7/3/2016). Mantri Tani wilayah Kec Brangsong Setiabudi mengatakan, dari 80 hektar tanaman padi di Desa Sidorejo, ada sekitar 16 hektar tanaman padi yang terserang hama wereng. “Dengan penyemprotan massal ini diharapkan bisa menolong tanaman padi belum diserang, sehingga hasil panen padi masih bisa maksimal,”harapnya.

Seorang petani yang juga Kepala Desa Sidorejo Sutikno mengatakan, tanaman padi di Desa Sidorejo rata-rata berusia 70 hari, sehingga sebentar lagi bisa dipanen. “Dua puluh hari lagi bisa dipanen. Semoga dengan pemberantasan hama secara masal, hama wereng akan mati dan tidak menjalar ke wilayah lain,”