Sering Turun Hujan, Nelayan Kendal Banyak yang tidak Melaut

Nelayan Kendal tidak melaut

0
128

Swarakendal.com : Sebagian besar nelayan di Kelurahan Bandengan Kendal terpaksa tidak melaut, karena cuaca masih cukup ekstrim. Jika melaut pun tidak bisa lama, seperti ketika kondisi normal. Hari-hari ketika tidak melaut, sebagian nelayan memanfaatkan waktunya untuk membenahi perahu atau memperbaiki jaring dan peralatan untuk melaut.

Seorang nelayan Bandengan, Tajib mengatakan, kondisi ombak memang relatif normal, namun saat ini sering turun hujan dan angin kencang. Oleh karena itu sebagian besar nelayan memiliki tidak melaut, karena cukup beresiko dengan keselamatan nelayan. “Banyak yang libur, tidak pada melaut,” ujarnya, Rabu (9/11/2022).

Selain itu, kondisi ikan di laut juga tidak banyak atau tidak masa panen, sehingga hasil tangkapannya pun sedikit. Untuk saat ini sedang masa udang, sedangkan jenis ikan tidak terlalu banyak. “Ikan lagi sepi, dapatnya udang, juga sedikit,” katanya.

Seperti dikatakan nelayan Tarom, meski hasil tangkapan ikan tidak banyak, namun harganya masih stabil. Hasil tangkapan berupa cumi, masih sekitaran harga 45 ribu sampai 50 ribu per kilogram. “Harga ikan masih sama, tidak naik,” katanya.

Dalam kondisi cuaca ekstrem, para nelayan berani melaut terlalu jauh, sehingga ketika datang hujan dan angin kencang, bisa cepat kembali ke rumah.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan tambahkan komentar Anda!
Ketik nama anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.