SMAN 1 Kaliwungu Gelar Lomba Masak Berbahan Lokal

SMAN Negeri 1 Kaliwungu gelar lomba makanan dan minuman berbahan lokal

0
2223

SMA Negeri 1 Kaliwungu mengadakan Lomba Menyajikan Makanan dan Minuman berbahan tanaman lokal sekitar sekolah pada Senin 27 November 2017. Lomba yang diikuti perwakilan tiap-tiap kelas dan kelompok guru ini diadakan untuk memperingati HUT PGRI ke-72 dan Hari Guru Nasional, sekaligus untuk menuju sekolah Adiwiyata. Beberapa makanan yang disajikan di antaranya tumpeng ketela pohon/ pizza ketela pohon, oseng-oseng daun pepaya, misro, dan lainnya. Untuk minuman di antaranya minuman secang, jahe, bandrek, es buah  dan sebagainya. Makanan dan minuman disajikan di meja di halaman sekolah.

Kepala SMA Negeri 1 Kaliwungu, Puji Astuti mengatakan, lomba makanan dan minuman dengan bahan-bahan di lingkungan sekolah, tujuannya agar anak-anak cinta lingkungan yang diwujudkan dengan menanam pohon di sekitar rumah. Tanaman di sekitar rumah, baik tanaman buah, sayuran, atau tanaman lain, selain sebagai penghijauan juga ada yang bisa dibuat makanan atau minuman. “Tujuannya agar anak cinta dan peduli terhadap lingkungan,”katanya.

Dikatakan, lomba makanan dan minuman ini merupakan salah satu kegiatan untuk meraih sekolah Adiwiyata. Berbagai kegiatan yang sudah dilakukan di antaranya menerapkan peraturan bagi kantin di sekolah untuk tidak menggunakan bungkus plastik. Sebagai gantinya, bisa menggunakan bungkus kertas atau daun. Selain itu, semua anak diwajibkan membawa gelas plastik dan piring plastik untuk mengurangi sampah dan menjaga kebersihan sekolah. “Di sekolah juga memakasimalkan lingkungan untuk tanaman dan memelihara ikan, sehingga lingkungan sekolah menjadi segar dan asri,”ujarnya.

Sekretaris OSIS SMA Negeri 1 Kaliwungu Clarissa Amalia berharap bisa menjadi sekolah Adiwiyata tingkat nasional. Dikatakan, sudah banyak program yang telah dilakukan, seperti menjadikan sekolah bebas sampah plastik juga mengajarkan membuat kerajinan dari barang-barang bekas. “Di sekolah ada prakarya membuat kerajinan dari barang-barang bekas, seperti botol air mineral,”katanya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan tambahkan komentar Anda!
Ketik nama anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.