SMPN 2 Kendal siap Adakan PLS Siswa Baru tanpa Perploncoan

0
525

SMPN 2 Kendal siap melaksanakan kegiatan Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) bagi murid baru yang akan berlangsung pada Senin-Rabu (18-20/7) mendatang. Persiapan telah dilakukan sebelum hari pelaksanaan dengan mengundang seluruh murid baru. Menurut  Kepala SMPN 2 Kendal Drs Sri Hardanto, pra pelaksanakan dilakukan agar peserta PLS sudah bisa menyesuaikan dengan situasi sekolah. “Supaya peserta lebih siap mengikuti kegiatan PLS,”katanya.

Hardanto mengatakan, sesuai anjuran Mendikbud melalui Dinas Pendidikan Kab Kendal, dalam pelaksanaan PLS tidak ada perploncoan dan tindakan yang menjurus kekerasan. Untuk itu, pelaksanaannya ditangani oleh para guru, sedangkan OSIS hanya sebagai pendamping.  “OSIS tetap dilibatkan, tapi hanya membantu atau sebagai pendamping,”ujarnya.

Kepsek Hardanto mengatakan, materi PLS secara umum adalah pengenalan lingkungan sekolah, meliputi sarana prasarana atau fasilitas sekolah, guru-guru dan karyawan, organisasi sekolah dan kegiatannya.  Juga ada materi tentang pembentukan kartakter siswa, motivasi, dan pengenalan kurikulum sekolah. Pihak sekolah juga akan meminta data tentang siswa dan kondisi lingkungannya. Tujuannya agar pihak sekolah juga mengetahui kondisi masing-masing siswa. “Peserta juga mengisi profil diri dan keluarga, jarak rumah dengan sekolah, termasuk keseharian saat ke sekolah,”katanya.

Salah satu peserta, Sakinah Ramadani mengaku sudah siap mengikuti kegiatan PLS, karena sudah diberi penjelasan tentang kegiatannya. Bahkan sudah mengetahui tidak ada perploncoan, termasuk mengenakan atribut yang aneh-aneh. Namun menurut Sakinah, jika ada perploncoan, tidak masalah, asal tidak berlebihan dan wajar. “Sebenarnya tidak apa-apa jika ada perploncoan, sebab tujuannya untuk menguji mental, asal tidak berlebihan,”ujarnya.

Tahun ini SMPN 2 Kendal menerima 8 kelas. Pembagian kelas  pun sudah dilakukan sebelum pelaksanaan PLS, termasuk wali kelasnya.