Stok Darah di PMI Kendal Menipis sejak PPKM Darurat

Stok Darah di PMI Kendal Menipis sejak PPKM Darurat

0
42

Swarakendal.com : Stok darah di PMI Kendal beberapa hari ini menipis. Stok darah di PMI Kendal pada Kamis 22 Juli 2021 yakni untuk golongan darah A ada 61 kantong, golongan darah B 10 kantong, golongan darah AB 4 kantong dan golongan darah O hanya 5 kantong.

Petugas Pelayanan Donor Darah PMI Kendal dr Agus Suwondo mengatakan, menipisnya stok darah saat ini akibat banyak kegiatan donor darah yang dibatalkan, karena adanya larangan mengadakan kegiatan yang mengumpulkan massa selama PPKM Darurat. “Stok darah sangat menipis karena adanya PPKM Darurat, sehingga tidak bisa melakukan kegiatan donor darah secara mobile,” katanya.


Berkurangnya stok darah juga karena imbas dari meningkatnya kasus Covid-19, sebab pendonor darah harus bebas dari virus Corona. Selain itu donor darah juga baru bisa dilakukan minimal 2 minggu setelah menjalani vaksinasi dosis kedua. “Sebenarnya animo masyarakat untuk berdonor sangat tinggi, namun ada kendala kena Covid-19 dan banyak yang baru melakukan vaksinasi dosis pertama, sehingga belum bisa melakukan vaksinasi,” jelasnya.

Pihaknya terus berupaya untuk menjaga stok darah selalu ada, di antaranya menghubungi para relawan yang biasa berdonor darah. Selain itu juga mengajak kepada masyarakat untuk berdonor darah secara langsung ke Kantor PMI. “Sampai saat ini belum pernah kehabisan stok darah, karena kami melakukan jemput bola kepada orang-orang yang biasa donor,” katanya.


Seorang pendonor, Nur Farida dari Kedungsuren Kaliwungu Selatan mengatakan, biasanya tiap 3 bulan rutin melakukan donor darah di PMI, namun kali ini sudah 4 bulan lebih baru donor darah, karena takut keluar rumah dengan kondisi pandemi yang semakin parah. Ia berdonor karena ingin membantu sesama yang membutuhkan darah. ” Saya rutin donor darah, sudah sekitar 15 kali donor darah,” katanya.