Sudah Lewat Pertengahan Tahun, Target Pendapatan PBB P2 di Kendal Masih Rendah

Sudah Lewat Pertengahan Tahun, Target Pendapatan PBB P2 di Kendal Masih Rendah

0
345

Swarakendal.com : Ketaatan masyarakat dalam membayar Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2) tahun 2022 di Kabupaten Kendal masih rendah. Hal ini terungkap saat acara Gebyar Hadiah Lunas PBB-P2 Kabupaten Kendal yang digelar di Pendopo Tumenggung Bahurekso Kendal, Selasa (26/7/2022).

Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kendal, Abdul Wahab mengatakan, target pendapatan PBB P2 tahun 2022 sebesar Rp 105 miliar. Namun hingga Juli ini baru tercapai Rp 9 miliar. Selain itu, dari 286 desa/kelurahan di Kabupaten Kendal, hanya empat desa yang sudah lunas PBB-P2. Empat desa tersebut yakni Desa Ngampel Kecamatan Ngampel, Desa Magersari Kecamatan Patebon, Desa Gebangan Kecamatan Pageruyung dan Desa Peron Kecamatan Sukorejo. “Memang sejak dulu seperti itu, masyarakat baru membayar pajak, jika mendekati akhir tahun,” jelasnya.

Untuk mendorong masyarakat tepat waktu membayar PBB P2, Pemerintah Kabupaten Kendal memberikan hadiah utama sebuah mobil Daihatsu Calya. Hadiah lainnya berupa 5 sepeda motor, 5 kulkas, 5 televisi, dan 5 dispenser. Hadiah diundi pada Gebyar Undian Lunas PBB P2 tahun 2022 yang dilakukan di Pendopo Tumenggung Bahurekso Kendal, Selasa (26/7/2022) oleh Wakil Bupati Kendal Windu Suko Basuki, didampingi Kepala Bapenda Kendal.

Abdul Wahab mengatakan, wajib pajak yang berhak ikut undian adalah wajib pajak yang sudah lunas membayar PBB P2 mulai tahun 2014 sampai 31 Mei 2022. Adanya pemberian hadiah ini, sedikit mendongkrak wajib pajak yang membayar tepat waktu, yaitu paling lambat tanggal 31 Mei. Pada tahun 2021 per 31 Mei, pemasukan PBB P2 hanya Rp 1,7 miliar, sedangkan pada tahun 2022 ini di bulan yang sama mencapai 3,1 miliar atau ada kenaikan sekitar Rp 1,4 miliar. “Mudah-mudahan dengan hadiah yang lebih besar lagi, masyarakat bisa semakin giat membayar,” harapnya. 

Wakil Bupati Kendal, Windu Suko Basuki mengajak kepada seluruh masyarakat Kendal untuk taat membayar pajak. Pasalnya, manfaat dari pajak akan dimanfaatkan untuk pembangunan di Kabupaten Kendal. “Pajak ini sangat penting, karena akan kembali untuk rakyat, di antaranya untuk pembangunan infrastruktur, seperti jalan,” katanya. 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan tambahkan komentar Anda!
Ketik nama anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.