TAHUN 2017 BNNK KENDAL BISA LAKUKAN PENYIDIKAN

0
600

Selama ini Badan Narkotika Nasionakl Kabupaten (BNNK) Kendal tidak memiliki kewenangan tugas penyidikan.  Untuk itu, jika pihak BNNK melakukan operasi, maka tidak bisa menangani kasusnya sampai tuntas pada pemberian sanksi atau hukuman. Penanganan kasus atau proses hukumnya diserahkan kepada pihak polisi. Namun mulai tahun 2017 nanti, BNNK sudah bisa melakukan penyidikan.

Adanya perluasan tugas kewenangan tersebut, maka pihak BNNK Kendal kini mulai melakukan segala persiapan, baik sumberdaya manusia maupun sarana dan prasarana. Kepala BNNK Kendal AKBP Sharlin Tjahaya Frimer Arie mengatakan, untuk pelaksanaan tugas penyidikan ini, saat ini pihaknya telah mempersiapkan SDM, sarana dan prasarana.  “Untuk persiapan SDM, saat ini sudah menunjuk dua personil untuk mengikuti pelatihan sebagai penyidik,”katanya.

Sharlin mengatakan, untuk sarana dan prasarana, yang harus dipersiapkan adalah ruang sel tahanan. Namun karena pada tahun 2016 tidak ada pembangunan, maka untuk ruang sel tahanan, untuk sementara akan bekerja dengan polres atau lapas Kendal sebagai tempat penitipan tersangka. “Sesuai perintah BNNP, harus memiliki ruang sel tahanan, maka sambil berjalan, untuk sementara akan dititipkan ke tahanan Polres atau Lapas,”ujarnya

Pihak BNNK Kendal juga harus menyiapkan perangkat untuk tugas penyidikan, seperti komputer dan alat pelacak. Dikatakan, di tahun 2017 nanti, semuanya sudah siap, sehingga tugas penyidikan bisa dilaksanakan. “Semuanya bisa disiapkan,”pungkasnya.