Tahun 2017 ini, Kendal Ditarget jadi Kabupaten Layak Anak

0
1117

Kabupaten Kendal ditargetkan tahun 2017 ini bisa menjadi Kabupaten Layak Anak. Deklarasi merintis sebagai Kabupaten Layak Anak sebenarnya sudah dilakukan sejak tahun 2013 lalu, sehingga dalam kurun waktu lima tahun harus bisa direalisasikan. Namun dalam prosesnya ternyata tidak bisa berjalan cepat, terutama yang terkait dengan pembangunan sarana fisik, seperti pembuatan taman ruang terbuka hijau. Kabupaten Layak Anak selain ramah dan melindungu hak anak, juga melibatkan partisipasi anak sebagai bagian masyarakat yang ikut dalam proses pembuatan kebijakan.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, KB Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP2PA), Asrifah mengatakan, saat ini sedang mengejar target untuk membentuk  Desa Layak Anak yang diharapkan bisa mencapai  50 lebih Desa Layak Anak di Kab Kendal.  Salah satunya Desa Sambongsari Kec Weleri yang Minggu (19/3/2017) telah  disosialisasi membentuk Desa Layak Anak. Persyaratan Desa Layak di antaranya memiliki tempat pendidikan anak, seperti TK atau PAUD, taman bermain anak atau ruang terbuka yang bisa dimanfaatkan bagi anak-anak. “Pembentukan Forum Anak dan Gugus Tugas Layak Anak untuk mendukung Kabupaten Layak Anak,”katanya.

Kades Sambongsari BM Adi Gunawan mengatakan, beberapa persyaratan untuk menjadi Desa Layak Anak sudah dimiliki, seperti perpustakaan, sarana pendidikan, bahkan sudah membentuk Forum Anak yang akan dilibatkan dalam musyawarah desa. Fasilitas lain yang belum ada akan segera dibangun, yaitu taman anak atau ruang terbuka bagi anak yang lokasinya berada di belakang balai desa. “Insya Allah tahun ini semuanya siap dipenuhi,”tegasnya.